Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dirut Pasar Jaya Optimis Bisa Kuasai Sektor Hulu

Dirut Utama PD Pasar Jaya Luthfi Rachman mengatakan pihaknya optimistis menguasai sektor hulu pangan untuk menyediakan stok yang cukup bagi warga DKI
Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Utama PD Pasar Jaya Luthfi Rachman mengatakan pihaknya optimis menguasai sektor hulu pangan untuk menyediakan stok yang cukup bagi warga DKI Jakarta.
 
"Jika ingin menstabilkan harga, kami harus menguasai stok di tingkat hulu dong? Nah, makanya kami sangat mengupayakan visi itu," kata Luthfi kepada Bisnis.com, Rabu (16/9/2015).
 
Beberapa langkah yang akan diambil PD Pasar Jaya antara lain membeli lahan, dan pengembangan produksi melalui kerjasama dengan pihak ketiga.
 
Adapun rencana penguasaan sektor hulu ini masuk dalam rancangan penyertaan modal pemerintah (PMP) anggaran 2016 dan tengah didiskusikan dalam rapat Kebijakan Umum Anggaran - Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS).
 
"Saat ini sektor hulu yang mau kami kuasai ada lima komoditas, beberapa diantaranya itu beras, daging, telor, minyak goreng. Kami minta [PMP] juga tidak banyak karena kami sadar belum bisa menguasai semua sektor dalam waktu singkat," jelas Luthfi.
 
Luthfi mengatakan saat ini pihaknya tengah menjalankan mandat Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta untuk melakukan kajian atas rencana tersebut.
 
PD Pasar Jaya juga akan bersinergi dengan penyedia komoditas lain yakni PT Food Station Tjipinang penyedia beras, dan PD Dharma Jaya penyedia daging. Dengan demikian Luthfi meyakini tak akan terjadi overlapping antar BUMD.
 
Sebelumnya dalam rapat KUA-PPAS Senin, (14/9/2015) PD Pasar Jaya mendapatkan catata dari anggota Banggar tentang pengembangan usaha terkait pengusahan komoditi di hulu
 
"Tolong kajiannya aegera berkan kepada kita [Banggar DPRD]," kata Mohamad Taufik, Pimpinan Banggar di Gedung DPRD DKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper