Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tingkatkan Air Baku, BUMD DKI Naikkan Target Kelolaan Air Limbah

PD PAM Jaya dan PD PAL Jaya akan meningkatkan pengelolaan air limbah yang sebelumnya hanya 4% untuk meningkatkan kualitas air tanah sebagai air baku.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 06 Oktober 2015  |  15:10 WIB
Air limbah - ampl.or.id
Air limbah - ampl.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - PD PAM Jaya dan PD PAL Jaya akan meningkatkan pengelolaan air limbah yang sebelumnya hanya 4% untuk meningkatkan kualitas air tanah sebagai air baku.

Plt Direktur Utama PD PAL Jaya Juniver Panjaitan mengatakan saat ini PAL Jaya baru berhasil mengolah limbah 4%, jauh dibawah PDAM Solo, Jawa Tengah, yang bahkan berhasil mengolah air limbah sebanyak 26%.

"Jadi intinya ke depannya kami akan wujudkan bagaimana air bisa digunakan kembali. Semakin meningkat penggunaan air, semakin meningkat pula limbahnya. Kalau tidak dikelola akan sayang," ungkap Juniver di Hotel Grand Cempaka, Selasa (6/10/2015).

Direktur Utama PD PAM Jaya Erlan Hidayat mengatakan saat ini Pemprov DKI membutuhkan satu BUMD yang bergerak dalam sektor pengelolaan air. Satu BUMD tersebut diproyeksikan akan memiliki sejumlah unit usaha, baik air bersih maupun air kotor dan air tanah.

"Mengapa orang mengatakan air tanah tidak sustainble? Nah makanya kami harus meningkatkan air tanah. Artinya, kalau kita ingin banyak penggunaan air bersih maka kita harus mengurangi penggunaan air tanah," jelas Erlan.

Erlan mengaku setelah workshop tersebut, PD PAM Jaya dan PD PAL Jaya akan melakukan due diligence, lalu pembahasan finansial, teknis, dan legal. Output akan dirumuskan sesuai rekomendasi dari gubernur.

"Minimal jangan sampai akhir tahun, hari ini pun saya dengan Pak Juniver sudah kerja sama. Begitu pula secara operasional kita praktis sudah kerja sama," ungkap Erlan.

Salah satu contoh proyek kerjasama PAM dan PAL adalah pengelolaan air limbah di Pluit Junction.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

air baku limbah
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top