Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ahok: Lelang ERP Ditarget Selesai Tahun Ini

Tahun ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan untuk menyelesaikan lelang penyelenggaraan ERP.
ERP di Singapura/lta.gov.sg
ERP di Singapura/lta.gov.sg

Bisnis.com, JAKARTA --Tahun ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan untuk menyelesaikan lelang penyelenggaraan ERP.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan tahap uji coba sistem jalan berbayar elektronik atau Electronic Road Pricing (ERP) di dua lokasi telah selesai dilakukan.

"Uji coba ERP di dua lokasi sudah selesai semuanya. Untuk tahap selanjutnya, kami akan menggelar lelang, dan ditargetkan selesai tahun ini," kata pemilik sapaan Ahok ini di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (6/1/2016).

Menurut dia, untuk pelaksanaan lelang tersebut, dibutuhkan sedikitnya tiga perusahaan. Apabila tidak terdapat tiga perusahaan yang berpartisipasi, maka dipastikan lelang tersebut tidak dapat dilaksanakan.

"Saya tidak tahu secara pasti jumlah perusahaan yang ikut dalam lelang itu. Tapi menurut saya, minimal ada tiga perusahaan. Jadi, kalau ada tiga perusahaan saja, maka lelang boleh dilakukan," ujar Ahok.

Lebih lanjut, dia pun memperkirakan ERP baru dapat diberlakukan secara efektif di sejumlah ruas jalan di ibu kota pada 2017 mendatang, mengingat waktu yang diperlukan untuk pemasangan gerbang dan persiapan sistemnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

"Jadi, untuk tahun ini kemungkinan kami hanya akan lakukan proses lelang. Setelah itu, pemenang lelang pasti akan butuh waktu untuk mempersiapkan ini itu. Kira-kira tahun depan lah ERP bisa diterapkan," tutur Ahok.

Rencananya, dia mengungkapkan sistem ERP akan diberlakukan di kawasan mobil berpenumpang tiga atau three-in-one.

Beberapa kendala yang diperkirakan akan muncul, yakni terkait penegakan hukum, terutama mengingat bahwa kendaraan yang melintas bukan hanya berasal dari Jakarta.

"Kendaraan yang lewat itu kan nanti bukan cuma dari Jakarta saja, tapi dari luar Jakarta juga ada. Namun saya kira kami tetap bisa memantaunya dengan bantuan kamera pengawas atau CCTV," ungkap Ahok.

Seperti diketahui, da perusahaan asing telah melakukan uji coba mesin ERP di dua ruas jalan yang berbeda di Jakarta, yakni di Jalan Jenderal Sudirman oleh Kapsch asal Swedia dan di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan oleh Q-Free asal Norwegia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper