Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hore, Penghuni Rusunawa Gratis Naik Transjakarta Per 17 Januari

Pemprov DKI akan menggratiskan penghuni rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di DKI Jakarta untuk menaiki bus Transjakarta.
Bus Transjakarta/Antara
Bus Transjakarta/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Pemprov DKI akan menggratiskan penghuni rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di DKI Jakarta untuk menaiki bus Transjakarta.

Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda Ika Lestari Adji mengatakan sementara ini baru ada 10 rusunawa di Ibu Kota yang penghuninya diberikan fasilitas gratis naik bus Transjakarta.

"Penghuni rusunawa yang ingin menaiki armada bus Transjakarta secara gratis, cukup menunjukan KTP sesuai dengan domisili rusunawa. Kami akan launching program ini pada 17 Januari," ujarnya, Selasa (5/1/2015).

Dia memaparkan 10 rusunawa tersebut yakni, Rusunawa Daan Mogot, Rusunawa Tambora, Rusunawa Kapuk Muara, Rusunawa Flamboyan, Rusunawa Cipinang Besar Selatan, Rusunawa Marunda, Rusunawa Budha Tzu Chi, Rusunawa Pulogebang, Rusunawa Pinus Elok dan Rusunawa Rawa Bebek.

Untuk memudahkan penghuni rusunawa, lanjutnya, Dinas Perumahan dan Gedung Pemda akan menyiapkan bus lain yang akan terkoneksi dengan rusun.

"Rusunawa Daan Mogot dan Tambora terkoneksi Kopaja B 87 (Kalideres-Muara Baru). Sementara itu, Rusunawa Kapuk Muara dan Flamboyan terkoneksi dengan Metromini B 82 (Kalideres-Grogol)," jelasnya.

Adapun, Rusunawa Cipinang Besar Selatan terkoneksi Kopaja T 502 (Kampung Melayu-Tanah Abang. ‎Rusunawa Marunda terkonek Metromini U 23 (Tanjung Priok-Cilincing). Rusunawa Budha Tzu Chi terkoneksi dengan Bus Kota Terintegrasi bus way. Rusunawa Pulogebang terkoneksi ‎ Metromini T 44 (Pulogadung-Pulogebang.

"Rusunawa Pinus Elok dan Rawa Bebek terkoneksi Metromini T42 jurusan Pulo Gadung-Pondok Kopi. Jadi penghuni rusun bisa naik bus kota lainnya dulu untuk menuju ke halte-halte bus Transjakarta yang terdekat," jelas Ika.

Menurutnya, sebelum program ini berjalan, pihaknya selama satu pekan ke depan akan terus mensosialisasikan kepada para penghuni rusun. Termasuk mendorong penghuni rusunawa yang sampai kini belum mengurus KTP sesuai domisili rusun.

"Pihak RT RW akan kembali mengecek warganya yang sudah berdomisili rusun. Jika memang belum ada yang belum, segera kita buatkan KTP sesuai alamat rusun mereka," ungkapnya.

Ika menambahkan, pelayanan gratis menumpang bus Transjakarta bagi penghuni rusunawa ini akan dibarengi juga dengan pemilik Kartu Jakarta Pintar‎ (KJP).

"Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pendidikan dan Bank DKI. Jadi agar semuanya bisa terlayani bersama," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper