Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ayo, Jelajah Pulau Seribu dengan Kapal KM Sabuk Nusantara

Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 46 akan segera beroperasi melintasi wilayah Kepulauan Seribu.
Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 46 akan segera beroperasi melintasi wilayah Kepulauan Seribu./Indonesia Travel
Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 46 akan segera beroperasi melintasi wilayah Kepulauan Seribu./Indonesia Travel

Bisnis.com, JAKARTA - Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 46 akan segera beroperasi melintasi wilayah Kepulauan Seribu.

Kapal perintis tersebut berkapasitas 114 penumpang dan dioperasikan PT PELNI untuk melayani rute Sunda Kelapa (sebagai pelabuhan pangkal)-Pulau Untung Jawa-Pulau Pramuka-Pulau Tidung - Pulau Kelapa pulang pergi.

Peresmian pelayaran perdana KM Sabuk Nusantara 46 dilaksanakan Kamis (28/1/2016) di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan bersama dengan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (Ahok).

Kapal ini diharapkan mendongkrak perekonomian masyarakat setempat, sektor termasuk sektor pariwisata. Tersedianya moda transportasi ini sebagai pemenuhan kebutuhan dan aksesbilitas masyarakat dengan tarif terjangkau dan tetap memperhatikan aspek keselamatan.

Kehadiran kapal ini selain dapat dimanfaatkan untuk perjalanan wisata tentunya juga untuk kebutuhan transportasi penduduk. Kepulauan Seribu berpenduduk sekira 17.973 jiwa. Dengan beroperasinya KM Sabuk Nusantara 46, dapat menjadi solusi nyata kebutuhan transportasi laut masyarakat setempat yang selama ini masih sangat terbatas.

KM Sabuk Nusantara 46 akan mengantarkan penumpang ke pulau-pulau penduduk yang terkenal dengan wisata baharinya.

Pengadaan kapal perintis ini tentunya menjadi berita baik bagi wisatawan, yaitu tersedianya tambahan pilihan akses bagi mereka yang ingin menyambangi Kepulauan Seribu secara lebih leluasa seperti dikutip dari Indonesia.Travel, Kamis (28/1/2016).

Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu atau lebih dikenali sebagai Kepulauan Seribu merupakan gugusan kepulauan di Teluk Jakarta yang membentang sekira 100 mil dengan luas 108.000 hektare atau mencapai sebelas kali luas daratan Jakarta.

Kawasan taman nasional laut yang berlokasi 45 km sebelah utara Kota Jakarta itu merupakan kawasan pelestarian alam bahari dengan zona konservasi yang terus dijaga keindahan dan kebersihannya.

Jumlah pulau di kawasan ini nyatanya tidaklah seribu melainkan sekira 342 pulau dan yang ideal untuk tempat wisata ada 20 pulau dari 45 pulau wisata umum dan wisata khusus.

Ada 6 pulau di kawasan ini telah dijadikan sebagai tujuan wisata dengan sarana dan prasarana yang memadai, yaitu: Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Kotok, Pulau Putri, Pulau Pantara, dan Pulau Sepa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : indonesia.travel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper