Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Tangerang Usulkan Penambahan Rute Elevated Busway

Pemerintah Kota Tangerang mengusulkan penambahan rute elevated busway yang semula Tendean-Ciledug untuk diteruskan hingga ke Poris Plawad.
Wali kota Tangerang Arief Wismansyah1/tangerangkota.go.id
Wali kota Tangerang Arief Wismansyah1/tangerangkota.go.id

Bisnis.com, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang mengusulkan penambahan rute elevated busway yang semula Tendean-Ciledug untuk diteruskan hingga ke Poris Plawad.

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah mengemukakan persoalan kemacetan, baik di di ibu kota maupun Kota Tangerang membutuhkan penanganan yang cepat dan tetap. Pasalnya, sekitar 30% mobilisasi masyarakat Kota Tangerang ke Jakarta juga turut menambah beban kepadatan lalu-lintas di DKI Jakarta.

“Penanganan transportasi melalui pendekatan angkutan massal melalui busway adalah salah satu solusinya,” ucap Arif, mengutip keterangan resminya, Rabu (30/3/2016).

Hingga saat ini, proyek elevated busway yang dikerjakan oleh Pemkot Tangerang telah memasuki tahapan analisa dampak lingkungan. Pengerjaan proyek tersebut diperkirakan memakan alokasi dana mencapai Rp2,5 triliun.

Pada 2015, Pemkot Tangerang mendapatkan dana hibah dari Pemprov DKI Jakarta senilai Rp100 miliar yang digunakan untuk membiayai sejumlah proyek kerja sama dan DKI Jakarta, termasuk proyek elevated busway tersebut.

Eleveted busway ini merupakan proyek kemitraan yang akan melaju di ruas Ciledug perbatasan Jakarta Selatan – Tangerang. Titik pemberhentian Ciledug merupakan area perbatasan antara Jakarta Selatan dan Kota Tangerang.

“Semakin banyak transportasi angkutan massal diharapkan akan mengurangi kepadatan lalu-lintas. Oleh karena itu, pemerintah harus menyediakan fasilitas transportasi yang mudah dijangkau dan murah sehingga masyarakat segera beralih ke moda transportasi massal,” tekannya.

Sementara itu, Yusmada Faizal, Kepala Bina Marga DKI Jakarta mengungkapkan pihaknya telah menerima usulan tersebut dan segera menyampaikannya ke Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.
“Pada dasarnya, Pak Ahok sudah memberikan lampu hijau terkait usulan Pemkot Tangerang,” ucapnya.

Menurutnya, perpanjangan koridor 13 jalur busway Tendean-Ciledug sangat memungkinkan untuk dilakukan karena Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan sejumlah skenario terkait perencanaan desain dan bangunan.

“Hanya meneruskan 5 km saja ke Poris Plawad. Sudah ada hook-nya, tinggal disambung saja. Insya Allah jika semuanya telah terkoordinasikan dengan baik, tahun depan sudah bisa berjalan,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper