Waspadai Banjir Kiriman, 11 Wilayah di Jakarta Akan Terdampak

Warga Jakarta sepanjang bantaran Ciliwung diingatkan untuk bersiap menerima banjir dalam 9 jam ke depan.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 19 April 2017  |  20:00 WIB
Waspadai Banjir Kiriman, 11 Wilayah di Jakarta Akan Terdampak
Warga membersihkan sampah saat banjir menggenangi kawasan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Minggu (26/2). Banjir sejak Sabtu (25/2) malam tersebut akibat dari debit air Kali Sunter yang terletak di sekitar lokasi meluap dan menggenangi permukiman warga. ANTARA FOTO - Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Warga Jakarta sepanjang bantaran Ciliwung diingatkan untuk bersiap menerima banjir dalam 9 jam ke depan.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bancana (BNPB) mengatakan hujan deras disertai dengan petir dan angin kencang melanda beberapa wilayah di Jawa Barat telah menyebabkan debit Sungai Ciliwung hulu meningkat sehingga mencapai 276 meter kubik per detik.

Akibatnya Bendung Katulampa mencapai ketinggian 150 centimeter.

"Dengan tinggi muka air tersebut maka Katulampa masuk Siaga 2," kata Sutopo di Jakarta, Rabu (19/4/2017).

Diperkirakan 9 jam kemudian beberapa wilayah di bantaran Sungai Ciliwung di wilayah Jakarta diperkirakan akan terendam banjir. Wilayah yang diperkirakan terdampak banjir meliputi Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Cililitan, Cawang, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

"Masyarakat dihimbau mewaspadai banjir kiriman pada sekitar Kamis dini hari," katanya.

Pusdalops BPBD DKI Jakarta telah menyampaikan peringatan dini ini kepada masyarakat. Diperkirakan banjir tidak akan besar karena kondisi sungai Ciliwung di bagian tengah dan hilir dalam kondisi normal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jakarta banjir

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top