Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Digusur, Bangunan Liar di Taman BMW

Pemerintah Kota Jakarta Utara menggusur bangunan liar yang berada di Taman Bersih, Manusiawi dan Berwibawa atau BMW di kelurahan Papanggo, Jakarta Utara, Selasa (1/8/2017).
Taman BMW/Istimewa
Taman BMW/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Utara menggusur bangunan liar yang berada di Taman Bersih, Manusiawi dan Berwibawa atau BMW di kelurahan Papanggo, Jakarta Utara, Selasa (1/8/2017).

Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad turun langsung untuk memantau jalannya penggusuran. "Di tempat ini akan dibangun stadion,” kata Husein.

Menurut Husein, stadion itu nantinya akan menjadi kebanggaan masyarakat Jakarta. Sebelum pembangunan dimulai, ia ingin tempat itu steril.

“Kalau dilihat dari atas tol, di sini hanya ada sampah," kata Husein. Karena itu dia ingin membersihkan lahan itu terlebih dulu.

Penggusuran melibatkan kepolisian, TNI, dan sejumlah instasi. Pemerintah juga mengerahkan peralatan berat untuk meruntuhkan bangunan dan meratakan tanah.

“Setelah penertiban, akan didirikan posko agar tidak ada orang di sini hingga stadion dibangun," kata Husein.

Rencana pembangunan stadion di taman BMW sudah muncul sejak Joko Widodo masih menjabat gubernur DKI Jakarta. Namun, rencana itu terkendala sengketa lahan dnegan PT Buana Permata Hijau. Perusahaan itu mengklaim lahan seluas 11 hektare adalah milik mereka.

Klaim PT Buana dikuatkan dengan keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara pada Februari 2015 yang membatalkan sertifikat Nomor 250 dan 251 milik Pemprov DKI. Namun, pada tingkat banding, hakim justru mengeluarkan keputusan sebaliknya. Pemerintah DKI dinilai berhak penuh atas lahan tersebut.

PT Buana kemudian mengajukan gugatan ke Mahkamah Agung untuk melawan keputusan banding itu. Saat pemerintah Jakarta Utara menggusur bangunan liar di lahan BMW, papan peringatan milik PT Buana masih terpasang di tempat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper