Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stadion Sepak Bola Standar Internasional Akan Dibangun di Taman BMW Jakarta

Kawasan Taman Bersih, Manusiawi dan Berwibawa atau BMW di kelurahan Papanggo, Jakarta Utara, yang dibersihkan pada Senin (1/8) lalu rencananya akan dijadikan area publik dengan fasilitas stadion sepak bola.
Taman BMW/Istimewa
Taman BMW/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Kawasan Taman Bersih, Manusiawi dan Berwibawa atau BMW di kelurahan Papanggo, Jakarta Utara, yang dibersihkan pada Senin (1/8) lalu rencananya akan dijadikan area publik dengan fasilitas stadion sepak bola.

Saefullah, Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, meluruskan rencana pembangunan fasilitas olahraga tersebut setelah sebelumnya sempat di klaim akan dijadikan sebagai markas Persija dan PSSI.

"Yang mengelola nanti itu bisa Persija, bisa PSSI, tergantung nanti kemufakatan nya," ujarnya di Balai Kota, Selasa (2/8/2017).

Di atas lahan seluas 26,5 hektare tersebut akan dibangun stadion sepak bola dengan standar internasional.

Saefullah mengatakan perencanaan pembangunan sudah dibentuk sampai ke tahap perencaan desain stadion namun proses pembangunannya sendiri masih harus menunggu beberapa bagian lahan yang masih bersengketa.

"Kita fokus agar steril dulu dari penghuni liar, kalo udah kita tunggu terbit sertifikat nya," katanya.

Jika berjalan lancar, pembangunan akan dimulai pada 2018 dengan perkiraan anggaran mencapai Rp 1 triliyun menggunakan dana APBD dan akan memakan waktu pembangunan kurang lebih dua tahun.

"Karena ini aset pemerintah, jadi pembangunannya pakai uang pemerintah," katanya.

Menurut Saefullah anggaran pembangunan masih harus dibahas dengan melibatkan pihak eksekutif dan legislatif untuk menilai kesiapan kapasitas APBD DKI Jakarta selama 2018 hingga 2019.

Dia menambahkan proyek ini tidak menutup kemungkinan juga akan memanfaatkan ketersediaan dana kelebihan Koefisien Lantai Bangunan.

"Mudah-mudahan gubernur terpilih nanti setuju itu dijadikan stadion milik Pemerintah DKI Jakarta," tuturnya.

Selain fasilitas olah raga, Pemprov DKI juga merencanakan pembangunan ITF (intermediate treatment facility) yang juga sempat disinggung oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama Maret lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper