Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Finalisasi Skema DP Nol Rupiah On The Track Pada April

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan merampungkan skema down payment nol rupiah pada April.
Foto contoh unit rusun DP nol rupiah di Klapa Village/Istimewa
Foto contoh unit rusun DP nol rupiah di Klapa Village/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan merampungkan skema down payment nol rupiah pada April.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Agustino Dharmawan mengatakan rencana finalisasi skema (DP) nol rupiah masih sesuai lajur (on the track) sehingga diharapkan pada April tahun ini bisa segera selesai.

Dia menambahkan walau pun pada hari ini, Kamis (8/2/2018) belum dibahas secara detail namun perkembangan mengenai skema ini akan terus dikaji oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Skemanya mudah-mudahan April ini selesai," kata Darmawan, Kamis (8/2/2018).

Menurutnya, skema ini harus segera dimatangkan karena pada April nanti akan terbentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Badan tersebut yang nantinya akan mengatur siapa saja warga yang berhak mendapatkan hunian dengan skema DP nol rupiah.

"Harus selesai karena janjinya Pak Gubernur DKI Jakarta [Anies Baswedan] kita harus bentuk BLUD," ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Guberur DKI Jakarta, Sandiaga Uno telah bertemu dengan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jakarta, M Taufik untuk membahas mengenai skema down payment (DP) nol rupiah.

Pemprov DKI Jakarta menilai skema DP nol rupiah ini sudah mulai terlihat bentuknya, sehingga memerlukan beberapa pembahasan untuk melengkapi data yang telah ada.

Dia menambahkan, saat ini Pemprov DKI sedang menyiapkan berbagai kelengkapan lain seperti regulasi DP nol rupiah yang rencananya selesai pada April tahun ini.

"Kita ingin juga teman-teman di DPRD terkomunikasikan, tersosialisasikan dan kami ingin merangkul DPRD karena ada pengembang swasta yang mau berpartisipasi DP nol rupiah," kata Sandi, Rabu (7/2/2018) lalu.

Seperti diketahui, Pemprov DKI telah melakukan ground breaking hunian dengan skema DP nol rupiah pada Januari lalu di Klapa Village, Jakarta Timur. Akses untuk membeli rumah tersebut akan diatur oleh BLUD yang akan terbentuk pada April tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper