Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beroperasi Malam, Transjakarta Koridor 13 Incar 40.000 Penumpang

PT Transjakarta terus menggenjot peningkatan pelanggan demi tercapainya target satu juta penumpang hingga November 2018.
Bus Transjakarta Koridor 13 di Halte Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta/ANTARA-Aprillio Akbar
Bus Transjakarta Koridor 13 di Halte Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta/ANTARA-Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA--PT Transjakarta terus menggenjot peningkatan pelanggan demi tercapainya target satu juta penumpang hingga November 2018.

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan salah satu rute yang difokuskan mengalami peningkatan yaitu koridor 13 atau Tendean-Ciledug.

"Kami optimistis realisasi pelanggan yang naik bus di koridor 13 akan meningkat hingga 40 ribu perjalanan. Ini artinya penumpang yang berangkat dan pulang benar-benar melewati rute Ciledug-Tendean," katanya ketika dikonfirmasi Bisnis, Minggu (22/4/2018).

Dia menuturkan saat ini jumlah penumpang koridor melewati jalan layang non-tol (JLNT) tersebut berkisar 15ribu-16ribu pelanggan per hari. Jika ditotal perjalanan pergi dan pulang, maka tercapai angka 30ribu perjalanan per hari.

Menurutnya, angka tersebut berpotensi naik lantaran Transjakarta telah memperpanjang waktu operasional rute Tendean-Ciledug hingga pukul 22.00 wib mulai Rabu (11/).

Sebelumnya, koridor yang melayani warga Ciledug ini beroperasi hanya sampai jam 19.00 WIB karena belum ada lampu penerangan jalan.

Meskipun lampu dan penunjuk jalan belum terpasang di atas JLNT sepanjang 9,4 kilometer tersebut, Budi menegaskan armada Transjakarta dipastikan aman dioperasikan hingga larut malam.

Pasalnya, bus akan dikawal kendaraan sebagai penunjuk jalan dengan fasilitas penerangan. Mobil ini diisi dua petugas yang sedianya menunjang program perpanjangan waktu layanan.

"setelah dipelajari lebih seksama, masalah utama bukan lampu tetapi tidak jelasnya penunjuk arah. Kuncinya [sopir] mesti bisa melihat jauh ke depan, makanya kami sediakan mobil penunjuk arah atau rotator untuk malam hari," ucapnya.

Dengan penambahan jam operasional hingga pukul 22.00 wib, Budi berharap jumlah pemilik kendaraan pribadi yang beralih menggunakan armada Transjakarta terus bertambah. Khususnya, bagi mereka yang setiap hari bekerja atau beraktivitas di tengah kota.

"Logikanya kalau ada bus sampai malam, orang enggak terburu-buru untuk pulang. Kami akan pantau terus pergerakan penumpang saat malam hari di koridor 13. Mudah-mudahan bertambah," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler