Denmark Berbagi Pengalaman Kelola dan Kurangi Sampah

Duta Besar (Dubes) Denmark untuk Indonesia Rasmus Abildgaard Kristensen berbagi praktik terbaik pengelolaan dan pengurangan produksi dan pemakaian sampah untuk mendorong kelestarian lingkungan.
Newswire | 06 Juni 2018 06:32 WIB
Duta Besar (Dubes) Denmark untuk Indonesia Rasmus Abildgaard Kristensen - beritajakarta

Bisnis.com, JAKARTA - Duta Besar (Dubes) Denmark untuk Indonesia Rasmus Abildgaard Kristensen berbagi praktik terbaik pengelolaan dan pengurangan produksi dan pemakaian sampah untuk mendorong kelestarian lingkungan.

"Kami berbagi pengalaman dengan masyarakat Indonesia. Indonesia mungkin dapat terinspirasi dan mengadopsi sejumlah praktik terbaik pengelolaan sampah. Kami juga menyediakan dukungan konkret untuk inisiatif-inisiatif yang sangat spesifik untuk membantu menyelesaikan masalah sampah," kata Dusbes Rasmus dalam perayaan Hari Lingkungan Dunia di Greenhouse Cowork, Jakarta, Selasa (5/6/2018) malam.

Dubes Rasmus mengatakan Pemerintah Denmark dan Indonesia berupaya mengumpulkan praktik-praktik terbaik pengelolaan sampah dan menjabarkannya menjadi praktik yang mudah diakses dan dipahami semua orang.

Pihaknya juga ingin membantu Indonesia meningkatkan data karena jika tidak tahu berapa banyak limbah yang dihasilkan serta penyebabnya, maka akan sulit untuk memecahkan masalah sampah.

Dengan pengetahuan tersebut, maka dapat diwujudkan program tepat sasaran yang akan memberikan banyak manfaat bagi pengurangan polusi sampah.

Dubes Rasmus berpesan untuk memahami bahwa perlu melindungi dan menjaga negara Indonesia yang memiliki pemandangan alam yang benar-benar fantastis, pantai yang indah, hutan dan alam dari kerusakan akibat sampah karena jika tidak, maka suatu hari, keindahan itu akan hilang.

Dubes Rasmus menuturkan Pemerintah Denmark juga memberikan bantuan teknis dengan mengirimkan ahli dari Denmark ke Indonesia.

"Kedutaan saya yang mengkoordinasikan ahli teknis Denmark untuk datang ke Indonesia untuk mengajar dan memberikan pengalaman mereka kepada pihak Indonesia," tuturnya.

Selain itu, delegasi Indonesia juga telah mengunjungi Denmark untuk belajar berbagai cara penanganan sampah melihat termasuk bagaimana sesungguhnya Denmark mengelola limbah dan mengolah sampah menjadi sumber energi, mengolah sampah menjadi biogas dan mendorong bisnis yang berkelanjutan.

Sumber : Antara

Tag : sampah, sampah dki
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top