ASIAN GAMES 2018: Transjakarta Siapkan 300 Bus Low Entry untuk Atlet dan Wisatawan

Khusus di Ibu Kota, badan usaha milik daerah tersebut akan menyiapkan armada tambahan yang bisa digunakan oleh atlet, tim, bahkan masyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan.
Feni Freycinetia Fitriani | 25 Juni 2018 17:55 WIB
Ilustrasi: Armada bus Transjakarta melintasi halte Harmoni Central Busway di Jakarta, Kamis (21/6/2018). - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA--PT Transjakarta siap mendukung perhelatan Asian Games yang akan dimulai pada 18 Agustus 2018 di DKI Jakarta dan Palembang.

Khusus di Ibu Kota, badan usaha milik daerah tersebut akan menyiapkan armada tambahan yang bisa digunakan oleh atlet, tim, bahkan masyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan.

"Dari Pembicaraan terakhir, rencananya akan disiapkan 300 bus low entry dengan karakteristik lantainya lebih tinggi di bagian belakang," kata Kepala Humas Trasjakarta Wibowo ketika dikonfirmasi Bisnis, Senin (25/6/2018).

Dia menuturkan armada low entry tersebut akan menggunakan mesin serta chasis merk Mercedes Benz dan Scania. Ratusan bus tersebut dirakit di karoseri Nusatara Gemilang di Kudus dan Laksana di Semarang, Jawa Tengah.

Menurutnya, armada Transjakarta tersebut disiapkan untuk mengantar atlet dari Athlete Village di Kemayoran menuju venue-venue pertandingan, antara lain Gelora Bung Karno, Gedung Pencak Silat Taman Mini, Pulomas, dan Cibubur.

"Bus juga siap mengantar masyarakat dan wisatawan yang ingin menonton pertandingan. Kami akan berkoordinasi dengan Dishubtrans DKI agar menyiapkan kantong parkir agar masyarakat bisa memarkir kendaraannya dan menggunakan Transjakarta," jelasnya.

Seperti diketahui, bus sepanjang 12 meter ini dapat mengangkut 73 orang, dengan rincian 34 penumpang duduk, 37 penumpang berdiri, dan dua tempat penumpang pengguna kursi roda. Biaya produksi satu bus aluminium sekitar Rp 2,1 miliar dengan masa ketahanan mencapai 17 tahun.

Tag : transjakarta, Asian Games 2018
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top