Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berkomitmen Atas Kesetaraan Gender, Pemprov DKI Raih Penghargaan

Pemprov DKI Jakarta mendapatkan penghargaan APE dari KP3A karena komitmen Pemprov atas kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 19 Desember 2018  |  17:46 WIB
Balai Kota DKI Jakarta - Istimewa
Balai Kota DKI Jakarta - Istimewa
Bisnis.com, JAKARTA–Pemprov DKI Jakarta meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 di kategori utama.
 
Untuk diketahui, APE merupakan penghargaan yang diinisiasi oleh Kementerian Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak (KP3A) yang diberikan untuk mengapresiasi komitmen daerah dalam melaksanakan pembangunan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak.
 
Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden DKI Jakarta Jusuf Kalla kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Rabu (19/12/2018).
 
Anies berharap dengan diberikannya APE dapat memotivasi Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta dalam memberdayakan perempuan dan perlindungan anak.
 
"Banyak program yang dikerjakan, mulai yang terkait pemberdayaan perempuan di kampung, pelatihan, juga perlindungan kepada kaum perempuan, terutama ketika ada kejadian yang menimpa mereka,” ungkap Anies menerangkan kinerja Dinas PPAPP.
 
Anies berharap kedepannya Pemprov DKI Jakarta dapat meningkatkan kinerja dalam menjalankan program-program pembangunan pemberdayaan perempuan untuk kesetaraan gender dan perlindungan anak.
 
Di lain pihak, Kepala Dinas PPAPP Tuty Kusumawati menerangkan penghargaan tersebut berhasil diraih oleh Pemprov DKI Jakarta karena komitmen Anies atas kesetaraan gender seperti yang tertuang dalam RPJMD 2017-2022.
 
Dalam penilainnya, APE berfokus pada komitmen pemerintah dalam pengarusutamaan gender (PUG) yang aspek-aspek penilaiannya terdiri dari komitmen, kebijakan, sumber daya manusia dan anggaran, kelembagaan, metode, mistem data terpilah, dan peran serta masyarakat.
 
"Secara keseluruhan indikator PUG, Pemprov DKI Jakarta sudah memenuhi.  Dalam RPJMD 2017-2022, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan Program Pemuliaan Perempuan dan Anak menjadi program prioritas dalam kurun waktu lima tahun,” kata Tuty.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov dki gender
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top