Anies Resmikan Tiga JPO Berdesain Unik dan Instagramable

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya meresmikan tiga jembatan penyebrangan orang (JPO) berdesain unik yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 28 Februari 2019  |  14:04 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya meresmikan tiga jembatan penyebrangan orang (JPO) berdesain unik yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

Tiga JPO tersebut tepatnya berada di Bundaran Senayan, Gelora Bung Karno, dan Polda Metro Jaya.

"Perlu saya garisbawahi di sini, JPO ini dibangun dengan desain yang unik, artistik, dan tata pencahayaan yang bisa menambah keindahan kota. Belum dibuka saja JPO ini sudah menjadi rujukan pembuatan foto-foto urban di DKI," katanya, Kamis (28/2/2019).

Dia berharap dengan peremian JPO tersebut menjadi babak baru dalam penataan kota Jakarta.

Menurutnya, tiga JPO bukan hanya berfungsi memenuhi kebutuhan warga, tetapi dengan desain artistik membawa nuansa baru yang indah bagi lingkungan Jakarta.

Anies juga ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam pembuatan JPO tersebut.

Menurutnya, rancangan yang unik tersebut diharapkan dapat membuat lebih banyak warga yang berjalan kaki dan menggunakan transportasi umum.

"Pengguna kendaraan umum khususnya Transjakarta akan merasakan bukan saja menjalani rute yg dibuat pejalan kaki, tapi memiliki pengalaman yang unik," jelasnya.

Bukan itu saja, dia mengatakan tiga JPO tersebut dirancang ramah bagi kaum disabilitas. Tujuannya agar Jakarta menjadi contoh bahwa kesetaraan ada pada semua aspek, termasuk kesetaraan fasilitas bagi semua warga yang ada di Ibu Kota.

Di arena ini, lanjutnya, pada saat pelaksaan Asian Para Games berkumpul atlet penyandang disabilitas dr seluruh asia oleh karena itu sudah sepatutnya kegiatan tersebut dijadikan sebagai momentum awal untuk memastikan semua fasilitas yg dibangun adalah fasilitas yg ramah bagi penyandang disabilitas.

"Jadi pak Dirut GBK yg saya hormati dan seluruh jajaran, tempat ini punya sejarah karena disni kegiatan penyandang disabilitas berpusat pada saat itu kita berharap semua fasilitas bisa seperti itu," ungkapnya.

Seperti diketahui, JPO tersebut memiliki beberapa fasilitas penunjang, a.l. Lampu LED dan lampu sorot warna RGB, papan petunjuk, railing pengarah, CCTV yang aktif 24 jam, dan tong sampah.

JPO tersebut juga akan dilengkapi oleh lift untuk menunjang pergerakan kaum disabilitas.

JPO tersebut memiliki desain yang artistik atau yang dikenal dengan sebutan Instagram-able. Banyak fotografer yang telah mengabadikan desain JPO unik tersebut dan mengunggahnya ke akun media sosial Instagram.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
anies baswedan, jembatan penyeberangan

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top