Anies Pastikan Puskesmas Kecamatan Buka 24 Jam Selama Libur Lebaran

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, menyediakan program pelayanan kesehatan untuk masyarakat guna menunjang keamanan dan kenyamanan saat libur Hari Raya Idulfitri, Cuti Bersama, dan Arus Mudik 2019.
Anies Pastikan Puskesmas Kecamatan Buka 24 Jam Selama Libur Lebaran Feni Freycinetia Fitriani | 04 Juni 2019 07:46 WIB
Anies Pastikan Puskesmas Kecamatan Buka 24 Jam Selama Libur Lebaran
Petugas Puskesmas memberikan konseling dan pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin yang ingin membuat sertifikat layak kawin di Puskesmas Sawah Besar, Jakarta, Rabu (16/1/2019). - ANTARA/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, menyediakan program pelayanan kesehatan untuk masyarakat guna menunjang keamanan dan kenyamanan saat libur Hari Raya Idulfitri, Cuti Bersama, dan Arus Mudik 2019.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan inspeksi Pelayanan Kesehatan untuk masyarakat Jakarta pada tingkat Puskesmas. Dia memastikan pelayanan kesehatan di Jakarta tetap tersedia dengan baik untuk melayani masyarakat Jakarta meski sedang masa libur Lebaran.

“Semua Puskesmas Kecamatan buka 24 jam selama libur. Hari Lebaran sekalipun menangani pasien, IGD dan pelayanannya pun 24 jam. Jadi warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa datang. Pelayanan kesehatan jalan terus tanpa ada jeda,” ujarnya seperti dikutip dalam siaran pers, Selasa (4/6/2019)

Anies menuturkan untuk puskesmas di tingkat kelurahan akan tetap beroperasi, namun dengan waktu pelayanannya terbatas yakni mulai pukul 07.30-12.00 WIB. Puskesmas kelurahan masih buka pada tanggal 3-4 dan 7 Juni. Namun, waktu operasionalnya terbatas. Pada hari Lebaran atau 5-6 Juni tutup.

"Jika alau membutuhkan [di luar itu], silahkan datang ke [puskesmas] kecamatan semuanya siap melayani. Begitu juga dengan RSUD,” ujarnya.

Anies tetap berharap agar seluruh masyarakat Jakarta tetap dalam kondisi sehat dan mengimbau agar masyarakat menjaga kesehatan dengan sebaik mungkin, baik yang mudik Lebaran maupun tidak.

Jika ada yang sakit, dia meminta warga tidak khawatir karena bisa mengakses layanan kesehatan selama 24 jam di faskes milik pemerintah.

Dia turut mengapresiasi para tenaga medis yang tetap bekerja memberikan pelayanan kesehatan selama musim libur Lebaran 2019.

"Alhamdulillah saya lihat di dalam, para dokter, para perawat, semuanya bertugas dengan baik . Saya ingin sampaikan terima kasih dan apresiasi atas nama Pemprov kepada semua petugas yang bekerja di saat yang lain mudik dan libur,” ucapnya.

Kadis Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti merincikan bahwa tenaga medis di tingkat puskesmas kecamatan disiagakan sekitar 1/8 (seperdelapan) dari jumlah total. Ada dua aspek di puskesmas, yaitu kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat.

"Jadi kalau yang lapangan libur, tapi untuk yang pelayanan di dalam gedung tetap masuk sesuai dengan jadwalnya. Untuk di RSUD karena rawat jalan itu sangat berkurang, sekitar tinggal 40 persen, jadi untuk rawat jalan di RSUD sekitar 40 persen , tapi untuk IGD RSUD itu full 100 persen,” imbuhnya.

Berikut program Dinas Kesehatan selama libur Lebaran 2019:

a. Puskesmas

- Pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan tetap buka melalui Poli Layanan 24 jam;

- Pelayanan kesehatan di Puskesmas Kelurahan buka pada saat Cuti Bersama tanggal 3, 4, dan 7 Juni 2019 pukul 07.30-12.00 WIB;

- Khusus untuk Puskesmas Kelurahan di wilayah Kepulauan Seribu, pelayanan tetap buka selama 24 Jam.

b. Rumas Sakit Umum Daerah (RSUD)

- Pelayanan Kesehatan Gawat Darurat di 32 RSUD yang tersebar di seluruh Provinsi DKI Jakarta tetap buka selama 24 Jam;

- Pelayanan Kesehatan Poli Rawat Jalan tetap buka pada masa Cuti Bersama tanggal 3, 4 dan 7 Juni 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemprov DKI, anies baswedan, lebaran

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top