Begini Cara Daftar Rumah DP Nol Rupiah Gelombang Dua

Menanggapi minat masyarakat yang tinggi hingga berdatangan ke lokasi program Rumah DP Nol Rupiah gelombang pertama di Rusunami Klapa Village di Jakarta Timur, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuka gelombang pendaftaran selanjutnya mulai Rabu (7/8/2019).
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 06 Agustus 2019  |  10:51 WIB
Begini Cara Daftar Rumah DP Nol Rupiah Gelombang Dua
Foto contoh unit rusun DP nol rupiah di Klapa Village - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Menanggapi minat masyarakat yang tinggi hingga berdatangan ke lokasi program Rumah DP Nol Rupiah gelombang pertama di Rusunami Klapa Village di Jakarta Timur, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuka gelombang pendaftaran selanjutnya mulai Rabu (7/8/2019).

Kepala Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera (UFPRS) Provinsi DKI Jakarta Dzikran Kurniawan menjelaskan bahwa mulai besok hingga satu minggu ke depan, pendaftar bisa mengunjungi Rusunami Klapa Village untuk melakukan pendaftaran.

"Seterusnya mulai 14 Agustus 2019 pendaftaran akan di lakukan di kantor UFPRS di Kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Provinsi DKI Jakarta, Jatibaru Tanah Abang, Jakarta Pusat," ujar Dzikran dalam keterangan resminya.

Dzikran menjelaskan, peminat program Samawa gelombang kedua akan diseleksi untuk hunian di lokasi yang baru. Tetapi, tak menutup kemungkinan bisa menjadi waiting list pada Rusunami Klapa Vilage bila nantinya masih terdapat unit yang tersedia.
 
“Kami juga dapat sampaikan, bahwa bila masih ada unit yang tersisa dari hunian gelombang pertama ini maka pemohon yang lolos seleksi gelombang kedua juga dapat dimasukkan untuk mendapat unit di Rusunami Klapa Village,” jelas Dzikran. 

Formulir Pendaftaran

Formulir pendaftaran dapat diunduh melalui website samawa.jakarta.go.id. Terutama bagi yang memenuhi persyaratan umum, di antaranya memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) dan Kartu Keluarga (KK), telah tinggal di DKI Jakarta paling sedikit 5 tahun pada saat pengajuan permohonan pembiayaan.

Selain itu, pendaftar harus membuktikan bahwa dirinya belum memiliki rumah lewat surat keterangan oleh lurah setempat, belum pernah menerima subsidi pemilikan rumah dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah, berpenghasilan dibawah 7 juta per bulan, sudah menikah dengan bukti Surat Nikah atau Akta Nikah, Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan Memiliki SPT Tahunan PPh Orang Pribadi sesuai peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, hingga hari terakhir proses pengajuan KPR di lokasi hunian Program Samawa DP 0 Rupiah tahap pertama, Minggu (4/8/1019), telah hadir 1.063 pemohon yang diundang dari total 1.790 orang pemohon yang telah lolos seleksi. Sementara 301 orang lainnya, merupakan warga masyarakat yang tertarik mencari informasi mengenai Program DP 0 Rupiah dan menyatakan berminat mendaftar. 

Selanjutnya, proses KPR mulai diurus Bank DKI dan dalam 2 hingga 3 pekan para pemohon yang aplikasi kreditnya disetujui akan dihubungi Bank DKI untuk memasuki proses akad kredit. Setelahnya, menurut Dzikran, setelah akad kredit selesai biasanya dalam waktu beberapa minggu akan dilaksanakan proses serah terima kunci.

Terkait 780 unit Rumah DP Nol Rupiah di Klapa Village, terdapat dua tipe rumah yang disediakan, yakni tipe 36 dan 21, dan lima sub-tipe rumah yang dengan cicilan mulai 1,2 juta hingga 2,3 juta. Untuk harga rumah akan dibanderol Rp184 juta hingga sampai yang paling mahal di Rp341 juta.

Sebanyak 1.790 dari 2.359 pemohon yang dinyatakan lolos dan dibagi menjadi Prioritas 1 sebanyak 889 orang dan Prioritas 2 sebanyak 891 orang, akan mendapat fasilitas cicilan tenor panjang dan bunga rendah, dan transportasi publik Transjakarta Rute BKN Cawang-Pondok Kelapa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kpr, perumahan, rusunami

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top