Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov DKI Ganti Bambu Getah Getih dengan Tumpukan Batu Gabion

Pemprov DKI Jakarta mengganti instalasi seni bambu "Getah Getih" dengan tumpukan batu yang disusun secara rapi dan diberonjong kawat.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 21 Agustus 2019  |  20:01 WIB
Instalasi bambu 'Getah Getih' di kawasan Bundaran Hotel Indonesia saat pelaksanaan Asian Games 2018. - Instagram @aniesbaswedan
Instalasi bambu 'Getah Getih' di kawasan Bundaran Hotel Indonesia saat pelaksanaan Asian Games 2018. - Instagram @aniesbaswedan

Bisnis.com, JAKARTA--Pemprov DKI Jakarta mengganti instalasi seni bambu "Getah Getih" dengan tumpukan batu yang disusun secara rapi dan diberonjong kawat.

Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan susunan batu itu diikat dengan sebuah pagar menyerupai kawat. Kemudian di atasnya di letakkan sejumlah tanaman bunga berwarna cerah.

"Susunan batu ini biasanya disebut Gabion. Kami bikin tiga pilar dan menambah hiasan sejumlah tanaman di atas batu" katanya, Rabu (21/8/2019).

Dia menuturkan tanaman yang di letakkan tepat di atas susunan Gabion dapat menyerap polusi udara di sekitarnya.

Menurutnya, ide tersebut sesuai dengan permintaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang meminta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait mengurangi polusi udara di ibu kota.

Anies diketahui telah menerbitkan Instruksi Gubernur nomor 66 tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Adapun, beberapa tanaman penyerap polutan yang digunakan misalnya bunga Bogenvil, Loly pop, dan Sansiviera.

Meski demikian, dia membantah pola penanaman tumbuhan antipolutan dengan cara Gabion estetika belaka.

"Ya, memang dibuat seperti itu," ucapnya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya meresmikan instalasi bambu Getih Getah di kawasan Bundaran HI untuk memeriahkan Asian Games 2018. Pembangunan Getah Getih menghabiskan dana hingga Rp550 juta.

Setelah hampir setahun berada di Bundaran HI, instalasi bambu karya seniman lokal tersebut akhirnya dibongkar karena mulai membahayakan sekitarnya. Hal itu terjadi karena batangan bambu mulai lapuk terkena panas matahari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pemprov DKI patung bambu
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top