Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adi Karyawisata untuk Diskotek Colosseum Dibatalkan, Plt Kepala Dinas Pariwisata Dicopot

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencopot Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata DKI Alberto Ali setelah kasus pemberian penghargaan Adi Karyawisata kepada diskotek Colosseum.
Pintu gerbang gedung Diskotek Colosseum.Foto: Google Maps
Pintu gerbang gedung Diskotek Colosseum.Foto: Google Maps

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencopot Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata DKI Alberto Ali setelah kasus pemberian penghargaan Adi Karyawisata kepada diskotek Colosseum.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Chaidir mengatakan pencopotan Alberto dilakukan pada Senin (16/12/2019).

"Benar. Diganti Ibu Sri Hartati [Asisten Perekonomian DKI Jakarta]," katanya ketika dikonfirmasi, Selasa (17/12/2019).

Dia menuturkan keputusan tersebut diambil oleh Gubernur Anies lantaran pemberikan penghargaan Adi Karyawisata kepada Colosseum tidak seharusnya dilakukan.

Apalagi, Anies sudah menginstruksikan Inspektorat DKI Jakarta untuk memeriksa beberapa pejabat dan staf di Dinas Pariwisata DKI yang terlibat dalam penjurian Adi Karyawisata. Karena itu, seluruh pejabat yang diperiksa sudah dibebastugaskan.

"Sekarang lagi zaman diperiksa. Salah sedikit periksa. Memang begitu aturannya [dicopot dari jabatan], Pak Albert sebelumnya punya jabatan sebagai kepala bidang," jelasnya.

Pemprov DKI membatalkan penghargaan Adi Karyawisata yang diberikan kepada Diskotek Colosseum. Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan penghargaan tersebut awalnya ditetapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dengan Surat Keputusan Nomor 388/2019, tentang Penetapan Pemenang Adi Karyawisata 2019.

"Penghargaan itu dibubuhi tanda tangan cetak, bukan tanda tangan basah Gubernur [Anies Baswedan] atas nama Pemprov DKI," katanya saat konferensi pers di Balai Kota DKI, Senin (16/12/2019).

Dia menegaskan proses penjurian hingga pemberian penghargaan sepenuhnya dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper