Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7.000 Petugas DKI Siap Bersihkan Sampah Sisa Malam Tahun Baru 2020

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan 7.000 personel satuan tugas kebersihan pada malam pergantian tahun 2020.
Petugas PPSU membersihkan jalan di Jakarta/Antara-Aprillio Akbar
Petugas PPSU membersihkan jalan di Jakarta/Antara-Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA--Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan 7.000 personel satuan tugas kebersihan pada malam pergantian tahun 2020.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Andono Warih menargetkan seluruh wilayah Jakarta sudah bersih dari sisa-sisa perayaan pada Rabu pagi (1/1/2020).

"Kami mengerahkan 7.000 petugas kebersihan. Petugas ini terdiri dari supir truk sampah, crew, dan regu comot untuk membersihkan semua sampah,” katanya, Minggu (29/12/2019).

Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup DKI juga mengerahkan petugas tambahan dari UPK Badan Air untuk membantu di darat dan berkerjasama dengan PPSU kelurahan di wilayahnya masing-masing.

Andono menuturkan ribuan petugas itu akan memulai kegiatan pembersihan secara serentak sejak pukul 00.30 WIB dan ditargetkan sebelum pukul 06.00 WIB seluruh sampah sudah ditangani.

Petugas telah disiagakan sejak Selasa (31/12) sore melalui gelaran apel konsinyering yang dihadiri oleh seluruh petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup di tiap wilayah untuk mengecek kesiapan.

"Ketika acara pergantian tahun selesai, petugas akan langsung bergerak menyisir lokasi," lanjutnya.

Untuk mempermudah kegiatan penanganan kebersihan, Andono mengharapkan begitu usai acara puncak pergantian tahun, pedagang kaki lima langsung merapikan dagangannya.

Dia juga meminta pengunjung yang memarkir kendaraannya di jalan dan kantong-kantong parkir sementara segera meninggalkan lokasi.

"Kami telah berkordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menertibkan parkir liar dan dengan Satpol PP dan Dinas KUKM dan Perdagangan untuk menertibkan PKL," ucap Andono.

Dia menambahkan seluruh Suku Dinas dan Satuan Kerja Lingkungan Hidup Kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi penanganan kebersihan di setiap lokasi pergantian tahun di wilayahnya masing-masing.

Tidak hanya di tempat-tempat acara utama Ibukota, setiap kampung di Jakarta juga biasanya menggelar perayaan, baik acara hiburan, istigosah, zikir akbar ataupun doa bersama.

"Semuanya harus diantisipasi penanganan kebersihannya,” katanya.

Pengawas kebersihan juga akan melakukan patroli di seluruh wilayah Jakarta menggunakan armada pick up double cabin dan motor trail. Mereka akan memastikan penanganan kebersihan berlangsung dengan baik.

Untuk sarana penanganan kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup mengerahkan kendaraan angkut sampah jenis compactor 150 unit, 25 truk sampah anorganik, mobil penyapu jalan otomatis atau road sweeper 50 unit, pickup lintas 42 unit, bus toilet 25 unit berserta truk tanki air bersih dan air kotor, serta menyebar ribuan tempat sampah beroda di lokasi-lokasi keramaian malam tahun baru.

Selain itu, TPST Bantargebang juga disiagakan beroperasi 24 jam.

Malam pergantian tahun ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar sejumlah acara di Ibu Kota. Acara-acara tersebut akan tersebar di sejumlah titik sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin dan beberapa lokasi lainnya. Seluruh rangkaian acara akan dimulai pukul 17.00–24.00 WIB.

Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Instruksi Sekretaris Daerah Nomor 122 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Rangkaian Kegiatan Acara Malam Tahun Baru 2020.

Rangkaian kegiatan tersebut diantaranya Acara Nikah Massal di Halaman Balaikota DKI Jakarta dan panggung hiburan di lima lokasi, yakni Halaman Balai Kota, Pintu Barat Daya Monas, Jalan Wahid Hasyim (Depan Gedung Jaya), area Bundaran Hotel Indonesia, dan Spot Budaya Dukuh Atas.

Untuk panggung hiburan di area Bundaran Hotel Indonesia, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan stasiun TV swasta yang akan menghadirkan sejumlah artis papan atas, salah satunya Rhoma Irama. Panggung hiburan tersebut dapat disaksikan warga Jakarta pada pukul 19.00–24.00 WIB.

Tak hanya panggung hiburan di lima lokasi. Terdapat pula penampilan Musik Tepi Barat dan Musik Tepi Timur yang dihelat di Terowongan Kendal, Trotoar Halte Menara UOB, Trotoar sekitar Bawaslu RI, dan Trotoar Depan Sarinah. Penampilan Musik Tepi Barat dan Musik Tepi Timur dapat disaksikan mulai pukul 16.00 – 22.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper