Aetra Jamin Pasokan Air Bersih Selama Musim Hujan

Perusahaan layanan air bersih PT Aetra Air Jakarta memastikan ketersediaan suplai air selama musim hujan kepada pelanggan akan dipenuhi.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 04 Februari 2020  |  10:52 WIB
Aetra Jamin Pasokan Air Bersih Selama Musim Hujan
Seorang karyawan PT Aetra Air Jakarta mengecek meteran melalui fitur Global Positioning System (GPS) di sebuah perumahan di sekitar Rawamangun, Jakarta, Selasa (14/6). PT Aetra Air Jakarta saat ini memiliki 332 perangkat genggam GPS untuk pembacaan meter air real time online yang mampu mengirimkan data, rekam gambar dan data lokasi melalui alat tersebut. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan layanan air bersih PT Aetra Air Jakarta memastikan ketersediaan suplai air selama musim hujan kepada pelanggan akan dipenuhi.

Corporatre & Customer Communication Manager Aetra Air Jakarta, Astriena Veracia, mengatakan optimalisasi layanan akan didukung oleh kapasitas total produksi air bersih pada dua instalasi pengolahan air (IPA) yang dimiliki yakni sebesar 10.500 liter per detik.

"Aetra menjamin ketersediaan suplai air selama musim hujan untuk semua pelanggan tanpa terkecuali. Akses air bersih juga diberikan kepada masyarakat yang terkena musibah banjir seperti yang terjadi pada awal tahun 2020 lalu," katanya dalam keterangan yang diterima Bisnis.com, Selasa (4/2/2020).

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta terus bersiaga mengantisipasi gangguan alam banjir termasuk dampak yang ditimbulkan. Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Sigit Wijatmoko menegaskan bahwa akan mengerahkan truk tangki air bersih jika banjir kembali melanda wilayahnya.

Setiap banjir terjadi, ujarnya, biasanya aliran listrik untuk sementara dipadamkan demi keselamatan. Alhasil, pelayanan air bersih terkena terganggu sehingga terjadi krisis air bersih. Jika tidak segera ditangani bakal memicu penyakit. 

"Langkah cepat pengiriman mobil tangki air melalui RT, RW dan kelurahan setempat terdampak adalah solusi terbaik bagi penyediaan dan pelayanan air bersih di lokasi pengungsian, rumah sakit, tempat ibadan maupun lokasi warga lainnya," kata Sigit.

Wali Kota juga meminta kepada Aetra, selaku mitra dari PAM Jaya untuk memprioritaskan rumah sakit dan posko pengungsian untuk mendapatkan suplai air bersih prioritas. 

Hal senada disampaikan oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar di mana wilayahnya rentan dilanda banjir. Dalam penanganan darurat, pihaknya mengakui tidak bisa bekerja sendiri untuk melakukan penanganan dan penanggulangan banjir.

Menurutnya, kerja sama dengan para pemangku kepentingan seperti BUMN, BUMD, TNI-Polri, masyarakat dan swasta telah berjalan baik. 

"Saya memberikan apresiasi tinggi kepada semua pemangku kepentingan. Salah satunya Aetra, yang telah memberikan bantuan air bersih," ujarnya.

Sejak banjir melanda pada awal tahun, Pemprov DKI Jakarta sudah mulai mengerahkan bantuan air bersih langsung ke lokasi bencana dengan menggunakan mobil tangki. 

Di wilayah Jakarta Timur, PT Aetra Air Jakarta mengirimkan air melalui armada mobil tangkinya pada saat banjir ke puluhan posko pengungsi. 

Sedikitnya ada 17 lokasi, terdiri dari rumah sakit dan posko pengungsian yang jadi sasaran penyaluran air bersih di Jakarta Timur.

Rumah sakit jadi prioritas penyaluran air bersih karena alasan emergency dan kemanusiaan. Di kawasan Jakarta Timur, ada 4 rumah sakit seperti RS Pondok Kopi dan RS Cijantung yang mendapat suplai air bersih.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Banjir Jakarta, air bersih, aetra

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top