Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov DKI Diduga Memanipulasi Surat Rekomendasi Formula E

Anies dan jajarannya diduga memanipulasi surat kepada Setneg untuk menggunakan Kawasan Monas sebagai tempat arena Formula E. DPRD DKI merasa salah memberikan anggaran. Anies menolak dikatakan memanipulasi.
Peta sirkuit Formula E. Foto:istimewa
Peta sirkuit Formula E. Foto:istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Polemik soal penyelelenggaraan Formula E di Jakarta belum juga rampung. Teranyar, surat rekomendasi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ke Sekretariat Negara (Setneg) diduga dimanipulasi.

Pemalsuan itu terletak pada surat rekomendasi penggunaan Kawasan Monumen Nasional (Monas) sebagai arena sirkuit. Dalam surat rekomendasi tersebut, Pemprov DKI Jakarta seolah-olah telah mendapat persetujuan dari Tim Ahli Cagar Budayauntuk menggunakan Monas.

Nyatanya, Tim Ahli Cagar Budaya protes nama mereka dicatut. Inilah yang menjadi pangkal dari adanya dugaan manipulasi surat rekomendasi tadi. Atas dugaan tersebut, sejumlah pihak pun bereaksi. Tak terkecuali Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Menurut Ketua DPRD DKI, Prasetio Edi Marsudi, Anies Baswedan, Gubernur DKI, dan jajarannya seperti memalsukan surat rekomendasi tersebut. “Kami melihat ada manipulasi, seakan-akan Ketua Tim Cagar Budaya mengiyakan,” ujar Prasetio di Sekretariat Negara, Kamis kemarin.

Prasetio menyatakan menyesal telah memberikan persetujuan anggaran daerah kepada pemerintah DKI untuk merevitalisasi Monas. Ia mengira pemugaran itu bertujuan mempercantik ruang hijau 80 hektare tersebut. Nyatanya, dia menambahkan, proyek itu bagian dari persiapan menggelar Formula E di Monas.

“Setelah saya lihat gambar desain, akan dikasih karpet dan diaspal. Kok, jadi seperti ini?” ujar dia.

Prasetio tidak menolak penyelenggaraan balap mobil listrik sebagai bagian dari kampanye transportasi ramah lingkungan. Namun dia meminta pemerintah DKI membuat lintasan di lokasi lain. Contohnya, kawasan Pantai Ancol, Jakarta Utara. “Sama-sama butuh perbaikan tempat dan masih ada waktu,” kata politikus PDI Perjuangan itu.

Dewan akan memanggil Anies untuk dimintai keterangan mengenai dugaan manipulasi rekomendasi dari Tim Cagar Budaya itu. Jika pemerintah DKI tak terbuka dan kooperatif, Prasetio menambahkan, Kebon Sirih tidak akan mengesahkan anggaran daerah untuk penyelenggaraan Formula E—yang terikat kontrak lima tahun—pada 2021. “Kalau dia (Anies) keras, saya juga akan keras,” ujar dia.

Ketua Komisi Bidang Pembangunan DPRD Jakarta, Ida Mahmudah, menilai pemerintah DKI telah membohongi masyarakat dengan mengaku-aku telah memiliki rekomendasi dari Tim Cagar Budaya. “Sudahlah, pemerintah DKI enggak usah banyak bohong,” kata politikus PDI Perjuangan itu.

Masalah rekomendasi tersebut mencuat setelah Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Mundardjito membantah telah memberikan rekomendasi untuk menggunakan Monas sebagai bagian dari sirkuit Formula E. Kepada Tempo, Mundardjito menyatakan pernah dimintai pendapat oleh Pemprov DKI Jakarta soal tersebut namun justru menolak penggunaan Monas untuk ajang balap jet darat listrik tersebut.

"Kami tidak merekomendasikan itu," ujar Mundardjito Rabu kemarin. “Karena ada nilai sejarah penting di sana.”

Anies sendiri secara jelas menyatakan telah mendapatkan rekomendasi dari Mundardjito cs dalam suratnya kepada Mensesneg.

"Dalam rangka menjaga fungsi kelestarian Iingkungan dan cagar budaya di kawasan Medan Merdeka dalam pelaksanaannya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memperoleh rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya Provinsi DKI Jakarta," tulis Anies dalam surat resmi benomor 61/-1/857.23 yang ditujukan kepada Menteri Sekretariat Negara sekaligus Ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka, pada Selasa, 11 Februari 2020.

Dimintai tanggapan soal ini, Anies Baswedan bungkam. Dia hanya menyatakan mengapresiasi Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Monas yang akhirnya mengizinkan penggunaan kawasan tersebut sebagai bagian dari lintasan balapan Formula E.

"Kan tadi sudah sama Dinas Kebudayaan," kata Anies di Balai Kota DKI, Kamis, 13 Februari 2020. "Gini saja, saya ingin menyampaikan apresiasi kepada Komrah yang telah memberikan persetujuan sehingga formula E bisa dilaksanakan di kawasan Monumen Nasional," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Andya Dhyaksa
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper