Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Anies Tunda Formula E Akibat Corona, Mahfud MD: Jakarta Biasa Saja

Anies memutuskan untuk menunda Formula E dengan alasan keselamatan warga DKI Jakarta akibat wabah virus Corona. Namun menurut Mahfud, kondisi Ibu Kota biasa aja, tak ada kejadian istimewa.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 11 Maret 2020  |  19:08 WIB
FIA Formula E Gen2.  - fia.com
FIA Formula E Gen2. - fia.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk menunda penyelenggaraan Formula E tahun ini akibat penyebaran virus corona. Kendati demikian, pemerintah pusat menyebut kondisi Ibu Kota baik-baik saja.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, mengatakan alasan penundaan Formula E lebih diketahui oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Pasalnya yang mengusulkan program Formula E adalah Anies. Setelah Formula E ditunda, maka pengumuman juga disampaikan oleh Anies.

"Menurut saya sih keamanan dan situasi Jakarta itu biasa-biasa saja, enggak ada kepanikan luar biasa. Menurut saya, ini menurut saya ya. Namun, yang tahu persis Pak Anies. Ndak ada kepanikan, biasa saja," katanya di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Setelah penyebaran meluas di hampir seluruh negara, sejumlah pimpinan dunia memang menganjurkan untuk menghindari perkumpulan massa secara berlebihan. Beberapa penyelenggaraan olahraga yang terdampak seperti Olimpiade Tokyo, MotoGP, hingga pertandingan sepak bola seperti Serie A dan Liga Inggris.

Adapun Olimpiade di Jepang terancam akan tertunda. MotoGP baru akan berlangsung pada awal April di Argentina dan pertandingan Serie A bakal ditunda hingga 10 pertandingan.

Mahfud mensinyalir bahwa dengan situasi dunia yang tidak menentu akibat corona, maka penyelenggaraan Formula E di tengah penyebaran Covid-19 akan memengaruhi jumlah penonton yang bakal hadir.

"Itu mungkin kalau enggak banyak orang yang nonton kan rugi juga. Lalu ditunda, barangkali. Tapi Pak Anies lah itu yang berhak menjawab alasannya, saya merasa Jakarta aman saja," ujarnya.

Di sisi lain, Formula E ditunda dari jadwal penyelenggaraannya pada 6 Juni 2020. Menurut Anies, berlangsungnya E-Prix Jakarta akan menimbulkan risiko yang terlalu besar.

"Kita tidak ingin mengorbankan keselamatan warga demi pencapaian perekonomian. Alhamdulillah pihak Formula E dan FIA menyetujui itu," ujar Anies.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta anies baswedan Formula E Championship
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top