Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pedagang di Pasar Tanah Abang Blok F Jalani Tes Covid-19

Banyak pedagang yang memilih tidak berjualan saat tes cepat dan tes usap dilaksanakan.
Situasi pemeriksaan tes usap di Pasar Gembrong, Rabu (24/6/2020)./ANTARA-Livia Kristianti
Situasi pemeriksaan tes usap di Pasar Gembrong, Rabu (24/6/2020)./ANTARA-Livia Kristianti

Bisnis.com, JAKARTA - Pedagang di Pasar Tanah Abang Blok bersama dua pasar lainnya di wilayah Jakarta Pusat hari ini menjalani tes Covid-19.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari mengatakan para pedagang di Pasar Gembrong Cempaka Putih, Pasar Gardu Kemayoran, dan Pasar Tanah Abang Blok F mengikuti pengetesan Covid-19 dengan dua metode, tes cepat dan tes usap.

"Di tiga pasar ini dilakukan rapid test dan swab test dengan jumlah yang berbeda setiap pasar. Mulai dari 50 sampai 100 pedagang di setiap pasar," kata Erizon saat ditemui di Pasar Gembrong Cempaka Putih, Rabu (24/6/2020).

Khusus di Pasar Gembrong ditargetkan 60 pengetesan untuk tes usap dan sekitar 80 pengetesan untuk tes cepat.

Kepala Pasar Gembrong Delita Purba mengatakan para pedagang memilih tutup usai mendapatkan informasi terkait penyelenggaraan tes Covid-19.

"Pedagang kelimpungan dapat info ada pemeriksaan swab test ini. Bisa dilihat sendiri seperti apa banyaknya kios yang tutup beroperasi," kata Delita.

Kepala Puskesmas Cempaka Putih Dicky Alsadik mengatakan dengan jumlah petugas medis yang banyak, proses pengetesan Covid-19 di Pasar Gembrong lebih cepat selesai.

"Target harian Puskesmas untuk 60 orang ikut screening Covid-19 sebenarnya sudah tercapai. Ini juga banyak pedagang yang sengaja tidak datang ya nanti kita koordinasi lagi sampai semua bisa ikut tes," kata Dicky.

Banyak pedagang di Pasar Gembrong yang memilih menutup lapaknya untuk menghindari  tes cepat dan tes usap  yang dilakukan  Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih.

Berdasarkan pantauan Antara, banyak kios los tampak kosong padahal sebelum ada kabar pengetesan Covid-19 para pedagang beraktivitas tanpa menaati aturan ganjil-genap pasar. Tidak hanya pedagang los, kios-kios dengan rolling door pun tampak banyak yang tertutup rapat.

"Kemarin dikabarin gak ada ganjil-genap pasar hari ini. Terus kayaknya info tes Covid-19 itu kesebar. Langsung deh pada milih tutup. Giliran Lebaran kemarin pada buka tuh katanya takut hilang pelanggannya, nah sekarang giliran ada tes disamperin ke pasar malah pada milih kehilangan pelanggan, nutup tokonya," kata Ujang salah seorang pedagang yang tetap berjualan dan sudah mengikuti tes cepat di Pasar Gembrong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper