Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Konstruksi MRT Fase Dua Dimulai, Simak Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Thamrin

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pekerjaan MRT fase dua itu bakal menyambungkan Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia dengan Kota Tua yang akan dibagi ke dalam tiga segmen pekerjaan, yaitu segmen CP 201, CP 202 dan CP 203.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  08:30 WIB
Penumpang berada di dalam kereta MRT di Jakarta, Kamis (19/3/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Penumpang berada di dalam kereta MRT di Jakarta, Kamis (19/3/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan mulai di Jl. MH Thamrin pada hari ini, Jumat (24/7/2020). Rekayasa lalu lintas itu sehubungan dengan dimulainya pekerjaan konstruksi Mass Rapid Transit (MRT) fase dua yang menyambungkan Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia dengan Kota Tua.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pekerjaan MRT fase dua itu bakal menyambungkan Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia dengan Kota Tua yang akan dibagi ke dalam tiga segmen pekerjaan, yaitu segmen CP 201, CP 202 dan CP 203.

“Untuk tahap awal konstruksi akan dimulai di segmen CP 201 yaitu dari Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia sampai dengan Simpang Harmoni,” kata Syafrin Liputo melalui keterangan resmi, Jakarta, pada Jumat (24/7/2020).

Syafrin menuturkan untuk menunjang kegiatan itu pihaknya bakal meakukan rekayasa lalu lintas sesuai dengan tahapan pekerjaan, sebagai berikut:

Fase 1.1. Tanggal 24 Juli sampai Dengan 30 November 2020

Pembuatan detour atau pelebaran Jl. MH. Thamrin sisi meter di depan Gedung Sinarmas

Pembuatan detour atau pelebaran Jl. MH. Thamrin sisi timur mulai dari depan Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sampai dengan Gedung Bank Indonesia (BI)

Pembuatan detour atau pelebaran Jl. MH. Thamrin sisi Barat mulai dari depan Gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sampai dengan Gedung Bank Indonesia (Bank BI) sampai dengan Thamrin 10

Pembongkaran Halte Transjakarta Bank Indonesia (BI)

Pembuatan Halte Transjakarta sementara

Terjadi Pengurangan satu lajur sepanjang area pekerjaan.

Fase 1.2. Tanggal satu Desember 2020 sampai dengan 30 Maret 2021

Area pekerjaan menggunakan media tengah jalan dan Jalur Transjakarta sepanjang area kerja

Detour atau pelebaran Jl. MH. Thamrin sisi Barat dan Timur dapat digunakan untuk lalu lintas.

Ihwal pengerjaan pada satu Desember 2020 hingga 30 Maret 2021, Syafrin mengatakan, pelayanan Halte Transjakarta Bank Indonesia (BI) akan dipindahkan sementara di sisi Timur Gedung Bank Indonesia (BI) dan di depan Wisma Mandiri.

“Jalur Transjakarta mix traffic dengan jalur reguler dan akan berpindah ke lajur paling kiri menyesuaikan lokasi Halte sementara waktu,” tuturnya.

Dia menambahkan pekerjaan konstruksi MRT Fase dua paket CP 201 yang meliputi Stasiun Thamrin dan Stasiun Monumen Nasional dilaksanakan oleh Shimizu-Adhi Karya Joint Venture. Dengan demikian, dia mengatakan, pelaksana pekerjaan itu bertanggungjawab sepenuhnya terhadap keselamatan dan keamanan pengguna jalan di lokasi pekerjaan.

“Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamankan keselamatan di jalan,” kata dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mrt proyek mrt
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top