Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IAP DKI Jakarta Gandeng ESRI Indonesia Dorong Kebijakan Berbasis Data Spasial

Kerjasama ini ditargetkan untuk meningkatkan kemampuan perencana kota dan kualitas produk perencanaan tata ruang di Jakarta
Kerjasama IAP dan Esri
Kerjasama IAP dan Esri

Bisnis.com, JAKARTA - Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) DKI Jakarta menandatangani perjanjian MoU kerjasama dengan PT. ESRI Indonesia selaku perusahaan analitis spatial dan pemetaan.

“Kerjasama ini ditargetkan untuk meningkatkan kemampuan perencana kota dan kualitas produk perencanaan tata ruang di Jakarta” ujar Dhani Muttaqin dalam siaran persnya.

Lebih lanjut, Dhani Muttaqin menambahkan bahwa saat ini baru 65 produk RDTR yang sudah di perda kan, dan masih banyak ribuan RDTR yang akan disusun dalam 3 tahun kedepan. Tantangan perencanaan pada skala detail menuntut skill pemetaan yang lebih detail. Kerjasama ini diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut dan memudahkan Pemerintah untuk mengambil kebijakan berbasis data spatial.

Disisi lain Achmad Istamar selaku CEO dari PT. ESRI Indonesia berharap Kerjasama antara PT. ESRI Indonesia dengan IAP DKI Jakarta ini akan mendorong penyusunan kebijakan berbasis data spatial scientific. “Ditengah pandemi Covid-19 kebutuhan penyusunan kebijakan yang tepat dan berbasis data sangat dibutuhkan oleh Pemerintah untuk dapat cepat bangkit dari dampak negatif Pandemi Covid-19” dan mewujudkan lingkungan perkotaan yang berkelanjutan, ucap Achmad menyambut penandatanganan nota kesepahaman ini.

Ketua Umum Pengurus Nasional IAP, Hendricus Andy Simarmata, yang menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman ini juga menyambut baik Kerjasama ini dan berharap DKI Jakarta dapat menjadi pilot project kerjasama digital spatial dan meningkatkan kualitas produk perencanaan kota di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan DKI Jakarta, Heru Hermawanto mengungkapkan, Pemerintah DKI Jakarta sebagai pengguna sistem informasi geospasial mengungkapkan harapannya terhadap penandatanganan nota kesepahaman ini, ”Pemprov DKI Jakarta berharap kedepan pemanfaatan perangkat sistem informasi geospasial akan mendorong kolaborasi perencanaan antar seluruh aktor pembangunan. Termasuk juga mendorong peran serta masyarakat dalam penataan ruang”, kata Heru. Terlebih dengan visi Jakarta 4.0, Pemprov DKI selalu berupaya mendorong kolaborasi antar Pemerintah selaku penyedia platform dengan warga sebagai co-creator, sehingga terwujud Jakarta sebagai kota yang maju dengan warganya yang terlibat dalam pembangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper