Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Transjakarta Gandeng Linkaja Kembangkan QR Ticket

Kerja sama itu diharapkan dapat mentransformasi budaya transportasi angkutan umum di DKI Jakarta dengan pendekatan teknologi tanpa sentuh.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 02 Oktober 2020  |  12:25 WIB
Angkutan Jak Lingko dan Bus Transjakarta merupakan transportasi publik yang disediakan Pemprov DKI untuk warganya. - Istimewa
Angkutan Jak Lingko dan Bus Transjakarta merupakan transportasi publik yang disediakan Pemprov DKI untuk warganya. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menggandeng PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) atau LinkAja untuk mengembangkan fitur QR Ticket berbasis teknologi tanpa sentuh alam aplikasi TIJE.

Kerja sama itu diharapkan dapat mentransformasi budaya transportasi angkutan umum di DKI Jakarta dengan pendekatan teknologi tanpa sentuh.

Langkah itu dimaksudkan untuk mempopulerkan penggunaan dompet digital atau daring sebagai media pembayaran.

“Pembelian tiket online atau daring di mana saja kapan saja melalui dompet digital, saat ini kita sudah bekerjasama dengan Linkaja tentu ke depan PT Transportasi Jakarta akan mengembangkan layanananya dalam hal dompet digital ini,” kata Direktur Eksekutif Transformasi Digital Tekonologi Informasi Transjakarta Gidionton Saritua melalui keterangan virtual pada Jumat (2/10/2020).

Pengembangan fitur itu diharapkan turut mendongkrak pendapatan Transjakara melalui skema satu kartu satu orang.

Dengan demikian, Transjakarta dan mitra bisnis mendapatkan data pelanggan lebih akurat untuk pengembangan sistem aplikasi TIJE.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan Transjakarta Achmad Izzul Waro mengatakan langkah itu dimaksudkan untuk mengembangkan pendapatan dari sisi nonfarebox revenue yang berbasis data di tengah pandemi Covid-19.

“Itu menjadi kesempatan kami Transjakarta dan rekan-rekan bisnis karena ini juga untuk bekerjasama karena ini bagian dari upaya untuk pengembangan nonfarebox revenue yang berbasis data, ini salah satu langkah baru Transjakarta untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga pelanggan lebih nyaman,” tuturnya.

Berikut sejumlah fitur yang tersedia di dalam TIJE, setelah menggunakan teknologi tanpa sentuh :

1. Proses ticketing di Halte Keberangkatan dan Tujuan Transjakarta hanya cukup memindai QR Ticket melalui aplikasi TIJE

2. Terdapat fitur transfer tiket yang canggih di mana pelanggaan dapat membagikan tiket kepada siapa saja dengan praktis dan mudah

3. Terdapat fitur mengetahui posisi bus secara real time sehingga waktu tunggu lebih bermanfaat dan mengurangi penumpukan penumpang di halte

4.Terdapat continue improvement berbasis demand untuk meningkatkan pelayanan sesuai permintaan pelanggan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transjakarta bus transjakarta
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top