Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak, Kecanggihan Teknologi Aplikasi Tanpa Sentuh Transjakarta

Ini salah satu langkah baru Transjakarta untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, sehingga pelanggan lebih nyaman.
Bus listrik Transjakarta melintas di Terminal Blok M, Jakarta, Senin (13/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bus listrik Transjakarta melintas di Terminal Blok M, Jakarta, Senin (13/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Pemesanan tiket maupun budaya transportasi dengan menggunakan Bus Transjakarta kini menggunakan pendekatan tekonologi tanpa sentuh.

Hal itu diketahui, setelah Direktur Pelayanan dan Pengembangan Transjakarta Achmad Izzul Waro meluncurkan fitur QR ticket pada aplikasi TIJE, platform digital milik PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

“Ini salah satu langkah baru Transjakarta untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, sehingga pelanggan lebih nyaman. QR ticket ini canggih, ada beberapa keunggalan antara lain pembelian QR Ticket dapat dilakukan kapan dan di mana saja secara online menggunakan dompet online dari smartphone,” kata Achmad melalui keterangan virtual pada Jumat (2/10/2020).

Berikut sejumlah fitur yang tersedia di dalam TIJE, setelah menggunakan teknologi tanpa sentuh :

1. Proses ticketing di Halte Keberangkatan dan Tujuan Transjakarta hanya cukup memindai QR Ticket melalui aplikasi TIJE

2. Terdapat fitur transfer tiket yang canggih di mana pelanggaan dapat membagikan tiket  kepada siapa saja dengan praktis dan mudah

3. Terdapat fitur mengetahui posisi bus secara real time sehingga waktu tunggu lebih bermanfaat dan mengurangi penumpukan penumpang di halte

4. Terdapat continue improvement berbasis demand untuk meningkatkan pelayanan sesuai permintaan pelanggan

“Peluncuran QR ticket pada layanan Transjakarta sebagai salah satu bentuk transformasi digital yang memudahkan pelanggan Transjakarta khususnya dan tentu saja sebagai terobosan baru agar Transjakarta bisa semakin kuat melayani masyarakat DKI Jakarta,”

Di sisi lain, inovasi itu diharapakan dapat membantu mentransformasi budaya transportasi umum di DKI Jakarta di tengah pandemi Covid-19 dengan pendekatan teknologi tanpa sentuh.

“Di samping itu tentu saja pada masa PSBB seperti saat ini layanan ini sebagai terobosan agar kita mendukung penuh Pemprov DKI Jakarta di mana dengan aplikasi ini masyarakat yang semestinya masih bisa stay di rumah tetapi bila melakukan perjalanan bisa menggunakan aplikasi yang tanpa sentuh atau touchless technology,” ujar Achmad.

Dari segi inovasi bisnis, dia membeberkan, fitur QR Ticket itu bakal menggunakan skema satu kartu satu orang. Dengan demikian, Transjakarta dan mitra bisnis mendapatkan data pelanggan lebih akurat untuk  pengembangan sistem aplikasi TIJE.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper