Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Anies Bakal Bangun JPO Baru di Jalan Sudirman, Seperti Apa Konsepnya?

Program pembangunan JPO baru di Jalan Sudirman ini adalah gagasan lama yang bakal segera direalisasikan dalam waktu dekat oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 23 Oktober 2020  |  14:29 WIB
 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggunakan tema lampu berwarna biru  di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Gelora Bung Karno selama dua minggu ke depan. - Istimewa
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggunakan tema lampu berwarna biru di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Gelora Bung Karno selama dua minggu ke depan. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal menggagas pembangunan satu jembatan penyeberangan orang atau JPO di kawasan Jalan Sudirman. Rencananya jembatan tersebut juga akan dapat dilalui oleh para pengguna sepeda.

Rencana itu dibocorkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kepada awak media di Balai Kota DKI Jakarta pada Jumat (23/10/2020).

Ariza mengaku program itu adalah gagasan lama yang bakal segera direalisasikan dalam waktu dekat.

“Kita akan membangun lagi satu JPO di Jalan Sudirman yang bagus, tadi sudah dipaparkan, sudah diberi arahan pak Gubernur, yang dapat digunakan tidak hanya bagi pengguna jalan, tapi juga pengguna sepeda,” kata Ariza.

Rencana itu, menurut dia, bakal menambah daftar JPO cantik yang dimiliki oleh masyarakat DKI Jakarta. Hanya saja, dia enggan memberi keterangan lebih rinci lagi. Dia beralasan agar ada kejutan dari program pembangunan JPO itu.

“Kita punya JPO-JPO yang menarik, yang cantik menjadi kebanggaan kita di kota Jakarta,” ujarnya.

Sebelumnya, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sah memberikan dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebesar Rp3,265 triliun.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan PT SMI Ramona Harimurti saat dikonfirmasi ihwal angka akhir dari usulan pinjaman dana PEN dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Jumlah pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional [dari] Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini benar [Rp3,265 triliun],” kata Ramona melalui keterangan tertulis pada Kamis (22/10/2020).

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan PT SMI telah menandatangani Akta Nomor 24 tertanggal 24 September 2020 tentang Perjanjian Pemberian pinjaman dengan nilai sebesar Rp3,265 triliun.

Berdasarkan salinan Rancangan Kebijakan Umum Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020, pinjaman PEN itu bakal digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur selama Tahun Anggaran 2020, sebagai berikut:
1. Peningkatan Infrastruktur Pengendalian Banjir : Rp1,008 triliun
2. Peningkatan Infrastruktur Peningkatan Layanan Air Minum : Rp14,911 miliar
3. Peningkatan Infrastruktur Pengelolaan Sampah : Rp91,675 miliar
4. Peningkatan Infrastruktur Transportasi : Rp768 miliar
5. Peningkatan Infrasturktur Pariwisata dan Kebudayaan (TIM) : Rp200 miliar
6. Peningkatan Infrastruktur Olahraga (JIS) : Rp1,182 miliar

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anies baswedan pemprov dki jakarta jembatan penyeberangan
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top