Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Marak Begal Pesepeda, Pemprov DKI Berencana Aktifkan Siskamling

Anjasmara tiba-tiba dipepet pelaku begal yang berboncengan menggunakan sepeda motor. Mereka berupaya mengambil ponsel yang dibawa Anjasmara.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  19:50 WIB
Ilustrasi - sfbike.org
Ilustrasi - sfbike.org

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melontarkan gagasan untuk mengaktifkan kembali Siskamling di wilayah DKI Jakarta. 

Ide itu muncul setelah santer aksi begal yang menyasar pesepeda di sejumlah titik wilayah DKI Jakarta dua pekan terakhir. 

“Mungkin kita akan galakan kembali, giatkan kembali Siskamling atau apa pun bentuknya kalau ada partisipasi masyarakat bersama dengan pemerintah untuk bersama-sama bisa memastikan bahwa Jakarta ini aman,” kata Ariza kepada awak media, Selasa (27/10/2020). 

Di sisi lain, Ariza mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk memastikan keamanan pesepeda di tengah maraknya pembegalan tersebut. 

“Aparat memastikan ditegakkannya aturan, disiplin, penertiban dan diberi sanksi siapa pun yang bersalah,” kata dia. 

Meningkatnya jumlah pesepeda, terutama di jalanan protokol Ibu Kota dimanfaatkan para pelaku kejahatan untuk melakukan aksi begal.

Jika dahulu pelaku begal menyasar pengendara sepeda motor, kini mereka juga ikut menyasar pengendara sepeda.

Pembegalan misalnya terjadi pada aktor senior Anjasmara di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan tepatnya di depan Universitas Katolik Atma Jaya beberapa waktu lalu.

Anjasmara tiba-tiba dipepet pelaku begal yang berboncengan menggunakan sepeda motor. Mereka berupaya mengambil ponsel yang dibawa Anjasmara.

Namun, upaya tersebut gagal lantaran aktor yang dikenal lewat sinetron Si Cecep melakukan perlawanan hingga terjatuh dan mengalami cedera.

Sebelumnya juga dilaporkan terjadi aksi pembegalan yang menimpa beberapa pesepeda di jalan-jalan protokol Jakarta seperti Jalan H.R. Rasuna Said, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Hayam Wuruk.

Sama seperti terhadap Anjasmara, pelaku begal mengincar barang berharga yang dibawa pesepeda.

Selain warga sipil, seorang perwira TNI AU juga dikabarkan menjadi korban aksi begal. Perwira Marinir tersebut dibegal saat bersepeda di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (26/10/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda begal
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top