Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rizieq Shihab Tolak Tes Covid-19, Wagub DKI Ingatkan Denda Rp7 Juta

Ariza mengatakan masyarakat yang menolak untuk diswab dapat didenda sebesar Rp5 juta.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 23 November 2020  |  13:55 WIB
Anggota kepolisian dengan mengenakan hazmat bersiap menyemprotkan cairan disinfektan di kawasan Petamburan III, Jakarta Pusat, Minggu (22/11/2020). Penyemprotan tersebut dilakukan menyusul adanya temuan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di kawasan Petamburan. - Antara
Anggota kepolisian dengan mengenakan hazmat bersiap menyemprotkan cairan disinfektan di kawasan Petamburan III, Jakarta Pusat, Minggu (22/11/2020). Penyemprotan tersebut dilakukan menyusul adanya temuan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di kawasan Petamburan. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengingatkan masyarakat tidak boleh menolak jika hendak dites swab terkait penelusuran kontak erat Covid-19 oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Terkait dengan swab memang ada ketentuan di perda (Penanggulangan Covid-19) tidak boleh menolak termasuk divaksin juga tidak boleh," kata Ariza di Polda Metro Jaya pada Senin (23/11/2020).

Berdasarkan amanat perda itu, Ariza mengatakan, masyarakat yang menolak untuk diswab dapat didenda sebesar Rp5 juta. Malahan, jika penolakan itu disertai dengan tindakan kekerasan denda yang dikenakan bisa mencapai Rp7 juta.

"Kami dari pemerintah dan Dinkes DKI akan terus berupaya agar seluruh masyarakat yang ada dalam kerumunan yang berpotensi ada gejala dan sebagainya terpapar Virus Corona kita minta agar melakukan tes swab," kata dia.

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab akan menjalani tes usap (swab test) Covid-19 secara mandiri, setelah dikabarkan jatuh sakit beberapa hari setelah terjadi keramaian pada hari akad pernikahan anaknya.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto membenarkan kabar itu, setelah perwakilannya menemui Rizieq di kediamannya Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat.

“Katanya mereka mau melaksanakan swab’mandiri,” ujar Heru, di Jakarta, Minggu (22/11/2020).

Heru mengatakan, sejumlah perwakilan dari Polsek Metro Tanah Abang dikirim untuk mengimbau Rizieq agar menjalani tes usap Covid-19 pada Sabtu (21/11/2020).

Hal itu dilakukan setelah mendapat info Rizieq sakit dengan ciri-ciri diduga tertular Covid-19.

Namun, Rizieq tidak dapat ditemui dengan alasan tengah beristirahat dan tidak menerima tamu, sehingga pihak kepolisian hanya mengimbau Rizieq lewat utusannya dari depan pagar rumah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fpi habib rizieq Covid-19
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top