Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jakarta International Stadium, Anies Resmikan Dua Lapangan Latih

Lapangan latih yang hari ini diresmikan merupakan appetizer. Main coursenya akan disiapkan ketika stadion selesai.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 28 Desember 2020  |  10:13 WIB
Maket komplek Jakarta International Stadium (JIS). - Bisnis/Aziz Rahardyan
Maket komplek Jakarta International Stadium (JIS). - Bisnis/Aziz Rahardyan

Bisnis.com, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan dua lapangan latih Jakarta International Stadium, JIS, seluas 165 X 68 meter. Peresmian dilakukan secara virtual, Senin (28/12/2020).

Anies mengatakan dua lapangan latih JIS itu menjadi milestone atau tonggak sejarah bagi masyarakat DKI Jakarta. Alasannya, Ibu Kota saat ini sudah memiliki stadion dengan kualitas internasional.

“Kita bukan saja beryukur ini tuntas, tetapi kita bangga karena Jakarta lewat stadion latih ini sudah mulai menunjukkan bahwa kita bisa menghadirkan kualitas global di Ibu Kota dan Insyaallah kita bisa merawatnya dan menjadi tempat rujukan percontohan bagi semua,” kata Anies dalam sambutannya.

Anies menambahkan kehadiran JIS bakal menjadi alat pemersatu bagi semua unsur masyarakat di Ibu Kota. Misalkan, masyarakat di sekeliling Jabodetabek ataupun mancanegara.

“Sepak bola mempersatukan stadion ini menjadi wahana, dan stadionya hadir dengan kelas global. Lapangan latihnya yang hari ini diresmikan merupakan appetizer, kalau kita makan ada appetizernya dan main coursenya akan disiapkan ketika stadion selesai,” ujarnya.

Sebelumnya, Proyek pembangunan Jakarta International Stadium termasuk salah satu program yang diajukan untuk mendapat pendanaan dari pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional, PEN.

Hal itu dikonfirmasi Corporate Communication Jakpro Arnold Kindangen, Selasa (6/10/2020).
Pengajuan itu dilakukan karena proyek JIS termasuk dalam kegiatan pembangunan Penyertaan Modal Daerah (PMD) milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
“Karena pembagunan kami adalah PMD sehingga salah satu bentuk daripada Pemprov untuk membantu dalam pembagunan ini terus bisa berjalan kita mendapatkan bantuan pinjaman dari PEN, ini yang diajukan oleh Pemprov,” kata Arnold dalam diskusi virtual, Selasa (5/10/2020).

Proyek JIS direcanakan menelan biaya Rp4,4 triliun dan diproyeksikan rampung pada 2021.

Berdasarkan data yang diterima Bisnis, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengusulkan pinjaman Rp3,646 triliun untuk menunjang pengerjaan proyek JIS tersebut.

Anggaran itu bakal diserap dalam dua tahap yakni pada 2020 sebesar Rp1,182 triliun dan 2021 sebesar Rp2,464 triliun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan Jakarta International Stadium
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top