Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TPU Dibuka Lagi, Warga DKI Akhirnya Bisa Lakukan Ziarah Kubur

Mulai hari ini warga Jakarta kembali bisa melakukan ziarah kubur ke tempat pemakaman umum (TPU) yang tersebar di wilayah DKI Jakarta.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 17 Mei 2021  |  11:52 WIB
Suasana TPU Pondok Kelapa di Jakarta Timur yang ramai didatangi peziarah jelang bulan Ramadan, Sabtu (10/4/2021). - Antara
Suasana TPU Pondok Kelapa di Jakarta Timur yang ramai didatangi peziarah jelang bulan Ramadan, Sabtu (10/4/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan kembali membuka tempat pemakaman umum atau TPU bagi kegiatan ziarah kubur selama lebaran.

Keputusan itu disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria seusai mengadakan rapat internal di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (17/5/2021).

“Mulai hari ini silakan sampai hari-hari berikutnya bisa ziarah kubur. Kami minta tetap melaksanakan protokol kesehatan, bergiliran, gantian, tidak kerumunan,” kata Ariza. 

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan pemerintah daerah di wilayah Jabodetabek sepakat untuk menutup tempat pemakaman umum (TPU) bagi kegiatan ziarah kubur selama lebaran. 

Langkah itu diambil untuk menekan potensi kenaikan kasus konfirmasi positif Covid-19 selama masa libur lebaran di wilayah Jabodetabek. 

“Kegiatan ziarah kubur ditiadakan, mulai ditiadakan tanggal 12 Mei sampai dengan hari Minggu 16 Mei, seluruh pemakaman di Jabodetabek akan ditutup dari pengunjung untuk ziarah,” kata Anies setelah mengadakan rapat koordinasi bersama Kapolda Metro Jaya, Pangdam Jaya dan perwakilan dari pemerintah daerah Bodetabek di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (10/5/2021). 

Kendati demikian, dia mengatakan, kegiatan untuk pemakaman harian bakal berjalan seperti biasa di TPU terkait.

“Tetapi untuk kegiatan pemakaman sendiri berjalan di tempat-tempat pemakaman itu, nanti diatur oleh dinas yang mengelola pemakaman,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta Anies Baswedan gubernur dki ziarah
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top