Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anies: Jadikan Sepeda Transportasi Bukan Olahraga

Merayakan Hari Bersepeda Sedunia, Gubernur DKI Anies Baswedan meminta warga menjadikan sepeda sebagai transportasi, bukan olahraga.
Yuliana Hema
Yuliana Hema - Bisnis.com 03 Juni 2021  |  20:08 WIB
rnGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (baris kiri depan), Duta Besar Belanda Lambert Grijns (baris kiri kedua) beserta rombongan menyapa komunitas sepeda dan masyarakat di Bundaran Senayan, Jakarta Kamis (3/6/2021). Mereka mengikuti kegiatan bersepeda bareng dengan rute Bundaran Senayan, Bendungan Hilir, Dukuh Atas, Bundaran HI, dan Balai Kota Jakarta dalam menyambut Hari Sepeda Sedunia. - Antara\r\n
rnGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (baris kiri depan), Duta Besar Belanda Lambert Grijns (baris kiri kedua) beserta rombongan menyapa komunitas sepeda dan masyarakat di Bundaran Senayan, Jakarta Kamis (3/6/2021). Mereka mengikuti kegiatan bersepeda bareng dengan rute Bundaran Senayan, Bendungan Hilir, Dukuh Atas, Bundaran HI, dan Balai Kota Jakarta dalam menyambut Hari Sepeda Sedunia. - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam merayakan Hari Bersepeda Sedunia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan gowes bareng bersama komunitas Bike To Work Indonesia dan para Duta Besar negara sahabat, Kamis (03/06/2021).

Melalui akun Instagram resminya, Anies membagikan beberapa foto saat bersepeda tadi pagi. Anies menyusuri jalur sepeda terproteksi dari Bundaran Senayan hingga kantor Balai Kota DKI Jakarta. 

“Kita ingin mendorong bersepeda sebagai kebiasaan transportasi bukan saja kegiatan olahraga karenanya bersepeda tidak perlu harus sepeda khusus, tidak harus pakai sepatu khusus, tidak harus baju khusus,” tulis akun Instagram @aniesbaswedan, seperti dikutip Kamis (03/06/2021). 

Anies juga menyampaikan, sebagai cerminan atas harapannya, Anies dan Duta Besar Belanda mengenakan batik saat bersepeda. 

"Kami juga mewajibkan gedung-gedung untuk menyediakan tempat parkir sepeda minimal 10 persen dari tempat parkir yang tersedia, sehingga para pekerja yang memilih untuk bekerja menggunakan sepeda bisa nyaman," ucapnya. 

Harapannya, dengan adanya parkir sepeda ini pekerja dapat memilih untuk menjadikan sepeda sebagai transportasi sehari-hari. 

Saat ini DKI Jakarta telah memiliki 64 kilometer lajur sepeda dan Pemprov akan berencana menambah jalur hingga 101 kilometer. 

"Jalur sepeda saat ini totalnya 63 kilometer, tambahan untuk tahun ini ada 101 kilometer, jadi harapannya akhir tahun kita punya 170 kilometer jalur sepeda," kata Anies seperti dikutip dalam Bisnis.com. 

Anies menyebut, pembangunan jalur tersebut bertujuan untuk memfasilitasi warga, agar bisa menggunakan kendaraan sepeda secara aman.

“Mari jadikan setiap hari sebagai Hari Bersepeda,” tutup Anies.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda Anies Baswedan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top