Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catat! Ini Syarat Pendaftaran PPDB DKI Jakarta Jalur Afirmasi

Jalur afirmasi dibuka untuk memberikan kesempatan lebih besar bagi anak dari keluarga tidak mampu untuk mengakses pendidikan bermutu.
PPDB Online DKI Jakarta./Instagram@aniesbaswedan
PPDB Online DKI Jakarta./Instagram@aniesbaswedan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah DKI Jakarta segera membuka penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jalur afirmasi jenjang SMP, SMA, dan SMK.

Mengutip unggahan media sosial Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, jalur afirmasi dibuka untuk memberikan kesempatan lebih besar bagi anak dari keluarga tidak mampu untuk mengakses pendidikan bermutu dengan subsidi dari pemerintah.

Jalur Afirmasi bisa didapatkan oleh anak asuh panti, anak tenaga kesehatan yang meninggal dalam penanganan Covid-19, calon peserta didik baru yang terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), anak pemegang Kartu Pekerja Jakarta, dan anak pengemudi mitra Trans Jakarta.

Adapun, persyaratan masing-masing kategori berikut ini:

1. Anak asuh panti:

- Memiliki NIK yang tercatat dalam KK Panti

- Melampirkan surat penyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) yang ditandatangani Kepala Panti Sosial Anak Asuh bagi Ana Asuh Panti yang bermaterai cukup.

2. Anak para tenaga kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan Covid-19: Dibuktikan dengan Surat Keterangan yang ditandatangani Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

3. CPDB yang terdaftar dalam DTKS: Nama CPDB tercantum dalam berita acara serah terima DTKS dari dinas sosial Provinsi DKI Jakarta ke Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta

4. Anak Pemegang Kartu Pekerja Jakarta: Nama orang tua CPDB terdaftar dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta

5. Anak dari pengemudi Mitra Trans Jakarta: Nama orang tua CPDB tercantum dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta.

Pendaftaran siswa bisa dilakukan secara daring pada laman https://ppdb.jakarta.go.id/. Adapun, kuota bagi penerima jalur afirmasi untuk SD, SMP, dan SMA sebanyak 25 persen dan kuota jenjang SMK sebannyak 43 persen.

Jadwal pendaftaran dan pemilihan sekolah jalur afirmasi Prioritas pertama jenjang SMP, SMA, dan SMK akan dimulai pada 14 -15 Juni 2020, puluk 08.00 – 16.00 WIB dan pada 16 Juni 2021 pada pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Verifikasi dan proses seleksi akan diumumkan di hari yang sama dan pengumuman akan diberikan pada 16 Juni 2021 pada pukul 17.00 WIB.

CPDB bisa kemudian melanjutkan lapor diri pada 17 Juni 2021 mulai pukul 08.00 – 24.00. WIB, dan pada 18 Juni 2021 mulai 00.01 – 14.00 WIB.

Selanjutnya, untuk Prioritas Kedua, CPDB bisa mulai melakukan pendaftaran dan memilih sekolah pada 21-22 Juni 2021 pukul 08.00 – 24.00 WIB, dan pada 23 Juni pukul 00.01 – 14.00 WIB. Verifikasi dokumen dan proses seleksi akan dilakukan pada hari yang sama.

Pengumuman kemudian akan diberikan pada 23 Juni 2021 pukul 17.00. CPDB bisa melanjutkan dengan lapor diri ke sekolah yang menerima pada 24 Juni 2021 pukul 08.00 – 24.00 WIB, dan pada 25 Juni 2021 pukul 00.01 – 14.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper