Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hanya 3 Hari, Mulai Besok Vaksinasi Massal di Kota Bekasi Sasar 12.000 Orang

Vaksinasi massal Covid-19 di Kota Bekasi akan dilaksanakan di Stadion Patriot. Setiap Kecamatan dari 12 Kecamatan se-Kota Bekasi akan mempersiapkan 1.000 orang yang bersedia divaksinasi.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memantau pelaksanaan vaksinasi, Senin (14/6/2021) di  Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat./Pemkot Bekasi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memantau pelaksanaan vaksinasi, Senin (14/6/2021) di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat./Pemkot Bekasi

Bisnis.com, BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi menjadwalkan vaksinasi massal selama 3 hari dengan target 12.000 orang.

Dikutip dari situs resmi bekasikota.go.id, Jumat (18/6/2021), vaksinasi akan berlangsung pada tanggal 19, 23, dan 26 Juni 2021.

Vaksinasi massal Covid-19 di Kota Bekasi akan dilaksanakan di Stadion Patriot. Setiap Kecamatan dari 12 Kecamatan se-Kota Bekasi akan mempersiapkan 1.000 orang yang bersedia divaksinasi, dan memenuhi syarat dan ketentuan berlaku.

Agar proses vaksinasi massal berjalan dengan lancar dan terkendali, Pemerintah Kota Bekasi mengeluarkan Surat Edaran Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Transformasi Pemulihan Ekonomi Kota Bekasi, Dr. H. Rahmat Effendi tentang Pelaksanaan Vaksinasi Massal Covid-19 dalam upaya penanganan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di Kota Bekasi.

Selain itu, menindaklanjuti kunjungan Presiden RI Joko Widodo pada pelaksanaan vaksinasi massal di Kota Bekasi pada Senin, 14 Juni 2021, untuk optimalisasi pelaksanaan vaksinasi massal di Kota Bekasi.

Surat Edaran Nomor: 443.1/715/Set.Covid-19 tanggal 15 Juni 2021 ditujukan kepada camat, lurah dan kepala puskesmas se-Kota Bekasi.

Dalam surat edaran ini disampaikan sebagai berikut:

1. Data peserta yang mengikuti vaksinasi Covid-19 sudah disiapkan pada masing-masing kecamatan sebanyak 1000 peserta/kecamatan, sesuai dengan format by name by address.

2. Melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang akan mengikuti vaksinasi massal Covid-19 agar mendaftarkan diri di wilayah kecamatan masing-masing, dengan membawa identitas diri (KK, KTP, dll) dan mengisi kartu kendali pelayanan vaksinasi Covid-19 untuk kebutuhan registrasi dan screening kesehatan.

Sebelum vaksinasi dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan tekanan darah hingga akhirnya calon peserta vaksinasi dapat dinyatakan lolos screening vaksinasi ataupun ditunda.

3. Memaksimalkan petugas pelayanan pada puskesmas di wilayah kecamatan Kota Bekasi dengan melakukan pengecekan kesehatan bagi masyarakat penerima vaksin Covid-19, di antaranya pengecekan suhu tubuh dan tekanan darah.

4. Masyarakat yang telah dinyatakan sehat untuk melakukan vaksinasi Covid-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, berdasarkan wilayah Kecamatan di Kota Bekasi agar tetap menjaga protokol kesehatan.

5. Pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 dimulai pukul 06.00 WIB bertempat di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, sebagai berikut:

a. Wilayah I (4000 peserta), Sabtu, 19 Juni 2021 (Kecamatan Bekasi Barat, Kecamatan Bekasi Selatan, Kecamatan Bekasi Utara dan Kecamatan Medan Satria).

b. Wilayah II (4000 peserta) Rabu, 23 Juni 2021 (Kecamatan Bekasi Timur, Kecamatan Mustika Jaya, Kecamatan Bantargebang, dan Kecamatan Rawalumbu).

c. Wilayah III (4000 peserta) Sabtu, 26 Juni 2021 (Kecamatan Jati Asih, Kecamatan Pondokgede, Kecamatan Pondok Melati dan Kecamatan Jatisampurna).

6. Dalam pelaksanaan Vaksinasi Massal Covid-19 di wilayah Kota Bekasi agar tetap mengintensifkan penegakan 5M:

1). Menggunakan masker yang baik dan benar

2). Mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir atau menggunakan hand sanitizer

3). Menjaga jarak minimal 1 meter

4). Menghindari kerumunan

5). Mengurangi mobilitas (Jika tidak ada keperluan yang mendesak, untuk tetap berada di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper