Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPKM Level 3, PSI Dorong Pemprov DKI Buka Kepulauan Seribu

Pemprov DKI Jakarta diminta mempersiapkan sejumlah prosedur pelaksanaan protokol kesehatan, seperti verifikasi aplikasi PeduliLindungi, pembatasan pengunjung wisata Kepulauan Seribu.
Pulau Tidung. /Sudin Parekraf Kepulauan Seribu
Pulau Tidung. /Sudin Parekraf Kepulauan Seribu

Bisnis.com, JAKARTA - Wisata Kepulauan Seribu dinilai layak untuk diuji coba menyusul penerapan PPKM level 3 DKI Jakarta kian luwes seiring dengan melandainya kasus Covid-19 di Ibu Kota.

Menurut Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Anthony Winza, langkah tersebut layak, karena sebagian besar masyarakat Kepulauan Seribu bergantung kepada sektor pariwisata, dan capaian vaksinasi di daerah tersebut cukup tinggi.

Adapun, vaksinasi di Kepulauan Seribu sudah mencapai sekitar 92 persen untuk dosis pertama dan sekitar 58 persen untuk dosis kedua.

“Bupati Kepulauan Seribu juga kabarnya sudah bersurat ke Deputi Industri dan Investasi agar Kepulauan Seribu dimasukkan dalam destinasi wisata yang diikutsertakan uji coba protokol kesehatan,” ujar Anthony, Selasa (21/9/2021).

Dia mengatakan, warga Kepulauan Seribu yang bergerak di bidang pariwisata juga telah mempersiapkan diri dan sudah terintegrasi dalam Kelompok Sadar Wisata yang dibantu oleh Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Bahkan, sambungnya, saat ini masyarakat Kepulauan Seribu melakukan proses sertifikasi Clean, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE).

Pemprov DKI Jakarta diminta mempersiapkan sejumlah prosedur pelaksanaan protokol kesehatan, seperti verifikasi aplikasi PeduliLindungi, pembatasan pengunjung wisata Kepulauan Seribu dilakukan sejak pembelian tiket transportasi laut menuju Kepulauan Seribu.

“Saat ini pembatasan kapasitas masih menjadi aturan utama protokol kesehatan, jangan sampai di pulau dibatasi tapi di kapal penyebrangan tidak. Jangan nanti banyak yang terlantar tidak tertampung padahal sudah tiba di pulau,” tambahnya.

Lebih jauh, dia mengatakan Satgas Covid-19 tingkat RT/RW harus terus bertugas mengawasi wisatawan di Kepulauan Seribu, khususnya wisatawan yang tidak menjalankan protokol kesehatan.

Untuk fasilitas kesehatan di Kepulauan Seribu, tambahnya, juga perlu ditingkatkan karena rumah sakit umum daerah di kawasan tersebut saat ini hanya memiliki 10 kasur saja.

Sebagai informasi, Jakarta telah membuka uji coba pembukaan kembali di 3 tempat wisata berdasarkan usulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), yakni Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah dan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper