Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Sebabnya Sirkuit Formula E Jakarta 2022 Belum Ditentukan

Ketua pelaksana Formula E yang juga Sekretaris Jenderal Ikatan Motor Indonesia (IMI) Ahmad Sahroni mengungkap kendala yang menyebabkan belum ditentukannya lokasi sirkuit.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 13 Desember 2021  |  18:37 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni. - Antara
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua pelaksana Formula E yang juga Sekretaris Jenderal Ikatan Motor Indonesia (IMI) Ahmad Sahroni mengungkapkan kendala yang menyebabkan belum ditentukannya lokasi sirkuit ajang Formula E Jakarta.

"Kendalanya ada di mana? Kendalanya adalah semua venuenya, makanya agak mundur sedikit," ujar Sahroni kepada wartawan, Senin (13/12/2021).

Penentuan lokasi oleh Pemprov DKI Jakarta dan Federation Internationale de I'Automobile (FIA) saat ini masih sangat intens, karena penyelenggara ingin menemukan sirkuit yang tidak hanya bisa digunakan untuk satu kali pemakaian. Namun, bisa digunakan untuk ajang-ajang lain pada waktu yang berbeda ke depannya.

Pada akhir November lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjuk Ahmad Sahroni untuk memimpin pelaksanaan balap Formula E atau Jakarta E-Prix. Dia memimpin bersama Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo yang Ketua MPR RI. 

Setidaknya ada lima lokasi strategis yang akan dijadikan pilihan sirkuit Jakarta E-Prix 2022, yakni: Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), JIEXPO Kemayoran, kawasan Jakarta International Stadium (JIS), serta kawasan Ancol.

Sebelumnya, usulan lokasi balap di Monas batal, karena Monas adalah cagar budaya dan ring satu negara, sehingga tidak mendapatkan izin dari pemerintah pusat.

Jakarta akan menjadi tuan rumah balap ABB FIA Formula E pada 4 Juni 2022 setelah ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris pada 15 Oktober 2021 yang sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

Memasuki balapan musim ke-8, Formula E akan hadir di kota-kota iconic dunia seperti Diriyah (Saudi Arabia), Roma, Monaco, Berlin, Vancouver, New York, London and Seoul.

Jakarta E-Prix 2022 akan menjadi gelaran balap pertama di Indonesia, dari tiga balapan yang akan dilaksanakan secara berturutan. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anies Baswedan Formula E Championship
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top