Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ancol Resmi Jadi Lokasi Sirkuit Formula E Jakarta? Ini Kata Jakpro

Penetapan lokasi sirkuit Formula E Jakarta 2022 atau Jakarta E-Prix 2022 kemungkinan akan dikeluarkan pada Rabu 22 Desember 2021.
Laga Formula E di jalanan kota Paris, Prancis pada Sabtu (27/4/2019)./Reuters
Laga Formula E di jalanan kota Paris, Prancis pada Sabtu (27/4/2019)./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Widi Amanasto mengatakan lokasi sirkuit untuk penyelenggaraan ajang Formula E di Jakarta tahun depan sudah mengerucut ke dua lokasi.

Widi mengatakan beberapa lokasi yang dikerucutkan menjadi calon kuat sirkuit ajang Formula E adalah kawasan Ancol, Jakarta Utara, dan JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Iya, salah satu yang mau kami akan giatkan di Ancol. Di JIExpo juga masih terbuka kemungkinan. Itu nanti akan mengerucut," ujar Widi kepada wartawan, Senin (20/12/2021).

Dia menginformasikan keputusan penetapan lokasi sirkuit Formula E Jakarta 2022 atau Jakarta E-Prix 2022 kemungkinan akan dikeluarkan pada Rabu 22 Desember 2021.

Terkait dengan hal tersebut, lanjutnya, para penyelenggara ajang Formula E 2022 di Jakarta akan mengadakan rapat. Rapat tersebut rencananya dilaksanakan pada Senin malam (20/12) atau Selasa (21/12).

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebut bahwa Ancol akan menjadi lokasi gelaran kompetisi balap Formula E.

Hal itu diungkapkan Fadil saat menjabarkan rencana pelaksanaan kompetisi resmi dan sirkuit untuk memfasilitasi pelaku balap liar di Jakarta mulai Januari 2022.

"Saya kira ekosistem yang kita bangun ini akan berkembang terus menerus. Mudah-mudahan Jaya Ancol akan membangun segera lokasi ini, karena kan Formula E juga ada di sana," kata Fadil, Senin (20/12/2021).

Sebelumnya, Ketua pelaksana Formula E yang juga Sekretaris Jenderal Ikatan Motor Indonesia (IMI) Ahmad Sahroni mengungkapkan kendala yang menyebabkan belum ditentukannya lokasi sirkuit ajang Formula E Jakarta.

Penentuan lokasi oleh Pemprov DKI Jakarta dan Federation Internationale de I'Automobile (FIA) saat ini masih sangat intens, karena penyelenggara ingin menemukan sirkuit yang tidak hanya bisa digunakan untuk satu kali pemakaian. Namun, bisa digunakan untuk ajang-ajang lain pada waktu yang berbeda ke depannya.

Pada akhir November lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunjuk Ahmad Sahroni untuk memimpin pelaksanaan balap Formula E atau Jakarta E-Prix. Dia memimpin bersama Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo yang Ketua MPR RI. 

Setidaknya ada lima lokasi strategis yang akan dijadikan pilihan sirkuit Jakarta E-Prix 2022, yakni: Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), JIEXPO Kemayoran, kawasan Jakarta International Stadium (JIS), serta kawasan Ancol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper