Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPRD DKI: Pinjaman Rp1,2 Triliun Jangan Dipakai untuk Formula E!

DPRD DKI Jakarta menegaskan kepada Jakpro agar tidak menggunakan kredit senilai Rp1,2 triliun dari Bank DKI ke Ancol untuk ajang Formula E.
Laga Formula E di jalanan kota Paris, Prancis pada Sabtu (27/4/2019)./Reuters
Laga Formula E di jalanan kota Paris, Prancis pada Sabtu (27/4/2019)./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi B DPRD DKI Jakarta menegaskan kepada PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro selaku penyelenggara Formula E agar tidak menggunakan kredit senilai Rp1,2 triliun dari Bank DKI ke Ancol untuk ajang balap tersebut.

Pinjaman sebesar Rp1,2 triliun ini menjadi sorotan dan sempat panas diperdebatkan dalam rapat kerja Komisi B DPRD DKI Jakarta dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. (PJAA) dan PT Bank Pembangunan Daerah DKI Jakarta (Bank DKI) pada Selasa (28/12).

"Kami mau memastikan pinjaman Rp1,2 triliun itu tidak satu peser pun digunakan untuk ajang Formula E," kata Anggota Komisi B DPRD DKI Fraksi PDIP Pandapotan saat melakukan pengecekan langsung lokasi Formula E di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (29/12/2021).

Dalam rapat tersebut, Komisi B DPRD DKI Jakarta mempertanyakan kesamaan lokasi renovasi yang dilakukan Ancol dengan lokasi ajang Formula E yang akan dilaksanakan pada Juni 2022.

Menanggapi hal itu, Direktur Pengelolaan Aset Jakpro Gunung Kartiko mengatakan biaya untuk pembangunan sirkuit ajang Formula E semuanya berasal dari swasta. Gunung menyebutkan sudah ada beberapa sponsor yang masuk.

"Ada beberapa sponsor, di antaranya dari brand minuman, makanan, bank. Namun kami belum bisa menyebutkan secara spesifik," kata Gunung.

Terkait dengan persiapan sirkuit, sambungnya, Jakpro sudah menyiapkan logistik untuk pembangunan sirkuit, mulai dari aspal, hingga fasilitas penduking seperti barier, pagar, dan fasilitas lain untuk menjamin keselamatan para pembalap.

Peralatan tersebut, kata Gunung, sudah dibeli pada medio 2019-2020 dan tinggal dikirim ke lokasi pembangunan. Beberapa peralatan sudah berada di Cikarang. Selanjutnya, Jakpro akan segera melakukan impor dari China.

Diberitakan sebelumnya, Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Pandapotan Sinaga pesimistis pengerjaan sirkuit untuk ajang Formula E di area Ancol sisi timur bisa diselesaikan dalam kurun 3 bulan, sesuai dengan target penyelenggara.

Pada saat melakukan pengecekan langsung ke lokasi, ditemukan permukaan area sirkuit masih berupa tanah yang belum datar dan berlumpur di beberapa titik.

"Saya kurang yakin fasilitas ini bisa diselesaikan dalam 3 bulan untuk event international. Area ini masih mentah," ujar Pandapotan di Ancol, Jakarta Utara pada Rabu (29/12/2021).

Dia menjelaskan, lokasi yang akan digunakan untuk ajang Formula E pada Juni 2022 tersebut merupakan bekas tempat pembuangan lumpur dari proyek pembangunan Mass Rapid Transportation (MRT), atau penampungan lumpur Ancol Timur.

Kendati pesimistis, Pandapotan mengatakan masih terbuka kemungkinan bahwa penyelesaian sirkuit Formula E di area tersebut selesai tepat jika jika Jakpro menggunakan teknologi yang lebih canggih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler