Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Anggaran Baju Dinas Rp1,7 Miliar, DPRD DKI Belum Tahu

Penyediaan pakaian dinas dan atribut DPRD DKI Jakarta senilai Rp1,74 miliar dengan dana seluruhnya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.
Gembong Warsono/Istimewa
Gembong Warsono/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Anggota DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengaku belum mengetahui perihal anggaran baju dinas senilai Rp1,7 miliar pada 2022, padahal hal itu tertera jelas dalam dokumen Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP).

Mengutip dokumen LKPP tersebut, tertulis penyediaan pakaian dinas dan atribut DPRD DKI Jakarta senilai Rp1,74 miliar dengan dana seluruhnya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

Mengaku belum mengetahui perihal itu, Gembong mengatakan wajar tidaknya anggaran tersebut tergantung kepada alokasi yang dialamatkan atas biaya yang dianggarkan.

"Kalau 1 orang dapat 50 baju terlalu murah anggaran Rp1,7 miliar. Makanya mesti tanya Sekwan alokasi anggaran itu untuk apa saja sehingga bisa dirasionalisasi alokasi anggarannya," kata Gembong kepada wartawan di Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Politisi PDIP tersebut menambahkan bahwa dirinya tidak mengetahui apakah anggaran baju dinas dan atribut legislasi senilai Rp1,74 miliar tersebut mahal atau tidak. Sebab, sambungnya, hal itu tergantung kepada alokasi anggaran terkait.

Dia menjelaskan anggaran tersebut diajukan oleh Sekretariat Dewan DPRD DKI Jakarta yang kemudian disetujui oleh seluruh legislasi.

Kendati demikian, kata Gembong, anggaran senilai Rp1,74 miliar untuk pengadaan baju dinas dan atribut tersebut dinilai bukan hal yang prioritas.

"[Ini] bukan soal setuju atau tidak setuju. Ini kan barang sudah disepakati. Kalau saya katakan tidak setuju, tidak fair juga saya," Ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper