Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Keistimewaan Sirkuit Formula E Jakarta dibanding Negara Lain

Desain sirkuit Formula E Jakarta di kawasan Ancol memiliki keunggulan dari negara lain.
Foto udara pembangunan sirkuit Formula E Jakarta, Kamis (24/2/2022)./Antara
Foto udara pembangunan sirkuit Formula E Jakarta, Kamis (24/2/2022)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA- Vice President Infrastructure & General Affairs OC Jakarta E-Prix 2022 Irawan Sucahyono mengungkapkan desain sirkuit Formula E Jakarta di kawasan Ancol memiliki keunggulan dari negara lain.

Bahkan menurutnya desain arena balap mobil listrik tunggal tersebut sulit diikuti oleh negara lain.

Irawan mengatakan sirkuit di Ancol memiliki Attack Mode yang memungkinkan terjadinya overtake atau menyalip. Namun, overtake ini nantinya tidak mudah dilakukan oleh pembalap.

“Ada yang namanya Attack Mode, di mana tenaga mobil balap akan diperbesar secara elektronik. Kalau pembalap masuk ke Attack Mode, dia akan dapat tenaga tambahan sehingga akan terjadi overtaking. Tapi overtake tak bisa terjadi jika mobil di depan pembalap ada di racing line yang benar,” kata Irawan dikutip dari keterangan resmi, Rabu (11/5/2022).

Menurut Irawan, hal tersebut membuat sirkuit Formula E Jakarta berbeda dari negara lain. Terlebih sirkuit memungkinkan adanya banyak overtaking dari para pembalap

“Karena bentuk sirkuit di Ancol memungkinkan adanya overtaking, maka event ini akan menarik sekali. Mungkin akan menjadi awal dari bentuk sirkuit Formula E yang lain,” katanya.

Kendati demikian, Irawan mengatakan tidak semudah itu untuk meniru desain sirkuit
Formula E Jakarta. Terlebih geometri jalan di Indonesia dan negara lain berbeda-beda.

“Karena geometri jalan yang mereka (negara lain) pakai tidak memungkinkan membuat dimensi yang lebih besar pada saat mau masuk tikungan. Biasanya kalau overtake ‘kan dapatnya selalu di trek lurus agak panjang. Nah, di sini kita melibatkan banyak sekali posisi-posisi itu,” pungkasnya.

Di sisi lain, Vice President Communication Organizing Formula E Jakarta Iman Sjafei mengungkapkan pembangunan sirkuit Formula E saat ini fokus pada pemasangan infrastruktur tambahan. Iman mengungkapkan target pemasangan infrastruktur tersebut selesai pada akhir minggu ketiga bulan Mei.

Setelah itu, dia mengatakan bahwa sirkuit Formula E sudah siap untuk ajang balapan mobil listrik kursi tunggal.

"Iya, grandstand, jembatan penyebarangan, dan pagar. Targetnya kira-kira akhir minggu ketiga Mei," kata Iman melalui pesan singkat, Rabu (11/5/2022).

Ajang balapan Formula E akan digelar pada 4 Juni mendatang. Penjualan tiket Formula E juga sudah mulai dijual melalui situs https://jakartaeprix.goersapp.com/ pada 1 Mei 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler