Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anies Baswedan Kunjungi Balai Kota Berlin, Akrab dengan Wali Kota Giffey

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melanjutkan rangkaian perjalanannya ke Eropa dengan mengunjungi Balai Kota Berlin, Jerman pada hari ini, Senin (16/5).
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 17 Mei 2022  |  22:24 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan ke Eropa, salah satunya bertemu dengan Menteri PerdaganganInggris Anne-Marie Trevelyan MP. - Instagram @aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan ke Eropa, salah satunya bertemu dengan Menteri PerdaganganInggris Anne-Marie Trevelyan MP. - Instagram @aniesbaswedan

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melanjutkan rangkaian perjalanannya ke Eropa dengan mengunjungi Balai Kota Berlin, Jerman pada hari ini, Senin (16/5).

Dikutip melalui unggahan instagram story @aniesbaswedan, kedatangan Anies disambut oleh Wali Kota Berlin Franziska Giffey. Keduanya pun berbincang dengan Giffey di halaman Balai Kota Berlin.

Dalam kesempatan Giffey juga mengajak Anies berkeliling kantornya. Di sana Anies sempat melihat piala DFB-Pokal. Kebetulan final Piala Jerman akan digelar di Berlin pada 21 Mei. Kemudian, mereka juga terlihat bertukar cindera mata. Anies memberikan Giffey sebuah batik betawi yang memiliki motif ondel-ondel.

Sementara itu, dikutip melalui akun instagram @franziskagiffey, Franziska mengatakan kunjungan dari Anies Baswedan membahas mengenai kerja sama kedua kota di masa depan, seperti diplomasi perkotaan, kota pintar, dan perusahaan rintisan (startup).

“Kunjungan kenegaraan kedua hari ini, Gubernur kota mitra kami Jakarta Anies Baswedan menjadi tamu dengan delegasinya. Saya menerimanya bersama Senator Ekonomi Stephan Schwarz. Kami membahas tentang kerja sama ekonomi, terutama di bidang perusahaan rintisan dan digitalisasi administrasi dan layanan publik,” tuturnya.

Dikutip melalui pamab berlin.de, Anies Baswedan menjadi tamu di Rotes Rathaus di Berlin pada Senin 16 Mei. Setelah masuk dalam Buku Emas, Walikota Berlin, Franziska Giffey, Senator Ekonomi Stephan Schwarz dan Gubernur Anies Baswedan bertemu untuk diskusi bersama.

“Dalam dua tahun terakhir, pertukaran dengan kota-kota mitra Berlin sayangnya hanya dapat dilakukan secara digital. Oleh karena itu, saya makin senang bahwa saya dapat secara pribadi menyambut Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan delegasinya ke Balai Kota Merah,” katanya.

Dia melanjutkan, sebagai bagian dari proyek Smart Change, Berlin dan Jakarta bekerja sama dalam solusi inovatif untuk memperkuat administrasi kota dan membangun ekosistem startup yang dinamis di Jakarta.

“Bagi Berlin, sebagai kota metropolis start-up nomor 1 di Eropa, topik-topik ini sangat penting. Bersama Senator Ekonomi Schwarz, kami juga menggunakan pertemuan itu untuk membahas kerja sama di masa depan, termasuk tujuan Agenda 2030,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jerman berlin Anies Baswedan
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top