Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perusahaan Tommy Winata hingga Pemilik Juragan99 Jadi Sponsor Lokal Formula E

Perusahaan terafiliasi dengan Tommy Winata dan Gilang Widya alias Juragan 99 tercatat menjadi sponsor dalam negeri Formula E.
Foto udara lintasan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu(13/4/2022)./Antara
Foto udara lintasan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu(13/4/2022)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan terafiliasi dengan Tommy Winata dan Gilang Widya alias Juragan 99 tercatat menjadi mitra lokal Formula E.

Panitia penyelenggara Formula E Jakarta menyatakan ada tujuh sponsor dalam negeri yang mendukung balapan Formula E di Jakarta, diantaranya adalah Juragan99.

Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni mengatakan ada tujuh sponsor dalam negeri itu yakni Erafone (PT Erajaya Swasembada Tbk./ERAA), Hotel Discovery, PT Bank Arta Graha Internasional Tbk. (INPC), GulaVit (PT Pesona Inti Rasa), PT Electronic City Indonesia Tbk. (ECII), Paprika, dan MS Glow for Men.

Adapun Hotel Discovery, Bank Artha Graha Internasional dan Electronic City terafiliasi dengan Tommy Winata. Pasalnya ketiga perusahaan tersebut masuk dalam Artha Graha Network.

Sementara itu, Juragan99 merupakan pemilik dari MS Glow for Men, merek kosmetik khusus untuk pria. "Benar ada tujuh sponsor," kata Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni, di Jakarta, Sabtu (29/5/2022).

Namun, politikus asal Tanjung Priok, Jakarta Utara itu tidak memberikan detail nilai kontrak atau nominal total sponsor yang dikucurkan tujuh merek tersebut.

Sebelumnya, Sahroni mengatakan untuk perusahaan kosmetika itu memberikan sponsor senilai Rp5 miliar. Ia juga sempat menyebutkan bahwa balap mobil listrik itu juga mendapat dukungan sponsor sebesar Rp100 miliar dari salah satu konsorsium perusahaan hiburan.

Namun, ia tidak membeberkan apa nama perusahaan hiburan yang mengucurkan dana kepada panitia penyelenggara Formula E Jakarta. "Ada satu grup 'entertainment' beri Rp100 miliar. Nanti saya beri tahu namanya itu dari dalam negeri," kata Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni di Jakarta, Kamis (26/5).

Beberapa waktu lalu panitia penyelenggara Formula E Jakarta sempat mendapatkan sorotan terkait adanya sponsor perusahaan bir. Selain sponsor dalam negeri, Formula E juga menggandeng beberapa mitra luar negeri.

Diantaranya adalah Michelin, Julius Bar dan ABB. Lalu ada pula, BOSS, Tag Heuer dan Heineken. Sahroni kembali menegaskan bahwa perusahaan bir itu merupakan sponsor global dari Formula E Operation (FEO).

Meski menjamin tidak ada logo dan penjualan bir di lokasi sirkuit, namun ia tidak membeberkan apakah dukungan sponsor dari perusahaan bir itu tetap mengalir untuk ajang di Jakarta.

Sahroni mengatakan logo perusahaan bir itu akan diganti dengan tulisan When you drive, never drink atau "saat menyetir, jangan minum". Begitu juga ketika selebrasi kemenangan, lanjut dia, pihaknya tidak menggunakan selebrasi minuman beralkohol seperti yang biasa dilakukan di negara lain.

"Kami sudah bersepakat bahwa tidak akan ada logo Heineken di area sirkuit. Selain itu, tidak akan ada penggunaan 'campagne' beralkohol dalam acara penyerahan piala juara," ucapnya.

Apabila mencermati laman di fiaformulae.com, sponsor bir dengan warna hijau dan bintang merah itu menjadi salah satu mitra Formula E global. Selain bir, ada juga sponsor dari maskapai penerbangan, merek jam tangan hingga perusahaan jasa ekspedisi internasional.

Sedangkan sponsor untuk Formula E di Jakarta masih sama dengan sponsor secara global, namun ada tambahan logo Jakpro dan Jakarta Kota Kolaborasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper