Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pemprov DKI Gandeng Google Atasi Kemacetan Jakarta Pakai AI

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk mengatasi kemacetan Ibu Kota.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 09 Desember 2022  |  10:31 WIB
Pemprov DKI Gandeng Google Atasi Kemacetan Jakarta Pakai AI
Pemprov DKI Gandeng Google Atasi Kemacetan Jakarta Pakai AI. Situasi arus lalu lintas di Jl. Raya Ragunan & Jl. Buncit Raya Jakarta Selatan arah Mampang, Rabu (2/11/2022) terpantau ramai lancar. - Twitter TMC Polda Metro Jaya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk mengurai kemacetan Ibu Kota.

Kepala Unit Pengelola Sistem Pengendalian Lalu Lintas Dinas Perhubungan Emanuel Kristanto mengatakan bahwa Pemprov DKI akan bekerja sama dengan Google Indonesia terkait implementasinya.

“Benar [menggunakan AI], kami tengah bekerja sama dengan Google Indonesia,” kata Emanuel kepada wartawan, Jumat (9/12/2022).

Menurut Emanuel nantinya Google Indonesia akan menggunakan teknologi AI untuk mengoptimasi lampu lalu lintas di persimpangan. Namun, dia tidak menjelaskan secara pasti detail teknologi yang digunakan.

“Seperti apa detailnya AI dimaksud kewenangannya ada di Google ya,” imbuhnya.

Meskipun demikian, Emanuel menyebutkan secara garis besar Google akan menggunakan teknologi AI untuk menganalisa volume lalu lintas di persimpangan. Nantinya Google merekomendasikan waktu yang optimal di masing-masing kaki persimpangan.

“Data dikirim ke dishub dan kita aplikasikan di lapangan,” tandasnya.

Pemprov DKI Jakarta terus berupaya untuk mengatasi kemacetan di Jakarta. Beberapa program yang dijalankan beberapa di antaranya kebijakan ganjil genap, pembangunan jalan layang, serta peningkatan transportasi umum. 

Selain itu, beberapa wacana yang tengah dikaji untuk mengurai kemacetan di antaranya pengaturan jam kerja dan Work From Home (WFH) saat cuaca ekstrem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemacetan jakarta macet Pemprov DKI google artificial intelligence
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top