Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Malam Tahun Baru Ini Ada Car Free Night di Jakarta! Catat Jalur Alternatifnya

Pemerintah menyiapkan rekayasa lalu lintas terkait penyelenggaraan Car Free Night pada malam tahun ini ini, Sabtu (31/12/2022).
Kondisi lalu lintas di Jalan Gatot Subroto cenderung ramai lancar pada malam tahun baru 2022, Jumat (31/12/2021). Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso
Kondisi lalu lintas di Jalan Gatot Subroto cenderung ramai lancar pada malam tahun baru 2022, Jumat (31/12/2021). Bisnis-Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar Car Free Night (CFN) sepanjang Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman pada malam tahun baru ini, Sabtu (31/12/2022).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebutkan pihaknya akan melakukan penutupan ruas jalan secara bertahap pada pukul 18.00-20.00 WIB.

“Kemudian, pada pukul 20.00-02.00 akan dilakukan penutupan total. Semua jenis kendaraan dilarang memasuki Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman, kecuali kendaraan yang bersifat emergency,” kata Syafrin di Balai Kota DKI Jakarta belum lama ini.

Adapun Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiapkan rekayasa lalu lintas pada malam tahun baru. Penutupan ruas jalan pada Jalan M.H. Thamrin dimulai dari Bundaran Air Mancur (Patung Kuda) hingga Jalan Jenderal Sudirman di Bundaran Patung Pemuda Membangun.

Penutupan akses menuju Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman juga diterapkan pada Jalan Pintu 1 Senayan, Jalur Lambat, Kupingan Ahok dan Kupingan Semanggi (Gatsu) dari arah Barat, Jalan Bendungan Hilir, Jalan K.H. Mas Mansyur, Jalan Karet Pasar Baru Timur 5, Kupingan Kolong Sudirman, Kota Bumi dan Jalan Baturaja.

Kemudian Jalan Teluk Betung, Jalan Kebon Kacang, Jalan Sunda, TL Imam Bonjol, Sumenep Tosari, Landmark (Indocement), Jalan Setiabudi, Jalan Prof. Dr. Satrio, Jalan Masjid (Sampoerna), Jalan Garnisun dan Kolong Semanggi, Jalur Lambat, Kupingan Ahok dan Kupingan Semanggi (Gatsu) dari arah Timur, SCBD, dan Jalan Tulodong Atas 2 Samping CIMB.

Rute pengalihan untuk rekayasa lalu lintas saat CFN adalah sebagai berikut:

Rekayasa lalu lintas dari arah selatan ke utara

Lalu lintas dialihkan melalui Jalan Asia Afrika-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Gatot Subroto-Jalan K.S. Tubun-Jalan K.H. Mas Mansyur-Jalan Cideng-dst atau dapat melalui Jalan H.R. Rasuna Said-Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan K.H. Mas Mansyur-dst. dan sebaliknya.

Rekayasa lalu lintas dari arah utara ke selatan

Lalu lintas dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan M. Ridwan Rais-Jalan Tugu Tani-Jalan Menteng-Jalan Cut Mutia-Jalan Dr. G.S.S.J. Samratulangi-Jalan H.O.S. Cokroaminoto-Jalan H.R. Rasuna Said, atau melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Kramat Raya-Jalan Salemba-Jalan Proklamasi-Jalan Tambak-Jalan Prof. Dr. Saharjo-dst.

Rekayasa lalu lintas dari arah barat ke timur dan sebaliknya

Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Merdeka Selatan, Jalan Kebon Sirih (Barat-Timur), Jalan K.H. Wahid Hasyim, Jalan Galunggung-Penjernihan 1.

Sementara itu jika terjadi kepadatan lalu lintas opsi penutupan akan diperluas mulai dari Simpang Harmoni Menuju Utara, Budi Kemuliaan Arah Timur, Medan Merdeka Selatan Arah Barat, Simpang Milenium Arah Timur, Wahid Hasyim Tanah Abang Arah Timur dan Wahid Hasyim Sabang Arah Barat (bersifat situasional).

Pengaturan situasional bagi tamu hotel/Kantor Kedutaan/Rumah Sakit di sepanjang Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman agar dapat menyesuaikan pengaturan yang telah ditetapkan. Area di Pos Bloc ruas Jalan Pos dan area di M Bloc Space ruas Jalan Sisingamaraja tidak diberlakukan penutupan, tetapi tetap ada imbauan larangan parkir pada ruas jalan tersebut dan masyarakat dapat menggunakan fasilitas parkir yang telah disediakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper