Jakarta Krisis Air Bersih, Heru Budi Resmikan Reservoir Komunal Waduk Pluit

Heru Budi Hartono meresmikan operasional reservoir komunal Waduk Pluit untuk mengatasi krisis air bersih di Jakarta.
Alat berat dioperasikan untuk pengerukan endapan lumpur Waduk Pluit yang mengalami pendangkalan, di Jakarta, Selasa (11/6/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Alat berat dioperasikan untuk pengerukan endapan lumpur Waduk Pluit yang mengalami pendangkalan, di Jakarta, Selasa (11/6/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA — Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan operasional Reservoir Komunal Waduk Pluit di Rusun Waduk Pluit Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, untuk mengatasipasi musim kemarau yang akan datang.

Dia mengatakan, peresmian reservoir komunal tersebut merupakan upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk mengatasi potensi kekeringan seiring musim kemarau.

“Kalau kita lihat, tahun ini adalah tahun bumi terdingin, artinya tahun depan dan selanjutnya cuaca akan makin panas,” ujar Heru di Jalan Muara Baru 58 No. 19 RT 21/RW 17, Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (4/10/2023).

Reservoir komunal tersebut merupakan fasilitas yang dibangun oleh PAM Jaya. Hal ini merupakan salah satu langkah untuk mengurangi keluhan warga terhadap air bersih. 

“Saya titip ke camat, lurah, RT, dan RW bahwa ini adalah aset PAM Jaya yang memang untuk kepentingan warga, saya titip untuk di rawat,” jelasnya.

Pembangunan reservoir komunal tersebut akan terus bertambah di lokasi-lokasi yang kekurangan air bersih. Hal ini juga dilakukan khususnya untuk menghadapi musim kemarau panjang.

Di lain pihak, Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasruddin menyampaikan, Reservoir Komunal adalah penampungan air di dekat permukiman yang jauh dari sumber utama instalasi pengolahan air PAM Jaya. Air tampungan di reservoir akan dipompakan ke rumah-rumah warga. Sehingga pelanggan yang merupakan titik terjauh dari lokasi IPA PAM Jaya dapat menerima debit air yang cukup.

Pembangunan resevoir komunal Waduk Pluit, lanjut Arief, bertujuan untuk mengatasi kekurangan air bersih di wilayah Rusun Waduk Pluit, Elektro, Pergudangan Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara dan sekitarnya. 

"Pembangunan reservoir komunal Waduk Pluit berlangsung selama tiga bulan dengan debit air 5 liter per detik, kapasitas reservoir 50 meter kubik, dan cakupan perbaikan 282 pelanggan. Sumber air berasal dari IPA Pejompongan 2," jelasnya. 

Sebagai informasi, selain reservoir komunal Waduk Pluit, hari ini PAM Jaya juga melakukan operasionalisasi tiga reservoir komunal lainnya di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat, yaitu reservoir komunal Cilincing, Jakarta Utara; reservoir komunal Marunda, Jakarta Utara; dan reservoir komunal Tamansari, Jakarta Barat.

Sebelumnya sudah terbangun reservoir komunal di Marunda Kepu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper