Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Kun Wardana Abyoto, Cawagub DKI Jakarta Penantang Ridwan Kamil Cs dari KIM+

Pasangan calon gubernur DKI Jakarta 2024-2029 jalur independen, Dharma Pongrekun - Kun Wardana telah mendapatkan kepastian lolos dari KPU.
Pilkada 2024/kpukotacimahi
Pilkada 2024/kpukotacimahi

Bisnis.com, JAKARTA -- Pasangan calon gubernur DKI Jakarta 2024-2029 jalur independen, Dharma Pongrekun - Kun Wardana telah mendapatkan kepastian lolos untuk bertarung dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang diselenggarakan November 2024 mendatang. Pasangan militer-sipil ini telah memenuhi syarat faktual berdasarkan pleno KPU DKI Jakarta. Selanjutnya, nama yang akan bertarung dengan Ridwan Kamil dari KIM+ dengan calon wakil yang digadang-gadangkan dari PKS Suswono akan diumumkan KPU pada 19 Agustus 2024 mendatang..

Pasangan Dharma-Kun membutuhkan 618.968 suara untuk lolos. Sedangkan KTP yang diserahkan ke KPU DKI Jakarta mencapai 933.040 namun hanya 826.766 yang memenuhi syarat untuk diverifikasi.

"Kami sudah melakukan rapat pleno penetapan verifikasi faktual tahap dua hari ini dan hasil ini akan diberikan ke KPU DKI Jakarta," kata Ketua KPU Jakarta Utara Abdul Bahder Maloko dikutip dari Antara, Rabu (14/8/2024).

Dia menyatakan untuk wilayahnya, pasangan Dharma-Kun menyerahkan 183.820 KTP dukungan Dari jumlah ini sebanyak 105.895 dinyatakan memenuhi syarat.

Lalu bagaimana profil Kun Whardana, Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta 2024-2029 jalur independen ini?

Dikutip dari Dataindonesia.id, Kun Wardana Abyoto lahir di Jakarta 11 Agustus 1969. Setelah lulus TK, Kun menjalani pendidikan akselerasi untuk tingkat SD - SMP. Sosok ini dinyatakan lulus SMP pada 1980 atau baru 11 tahun. Demikian juga tingkat atas, dia melewaji jalur akselerasi di SMA Terunajaya, namun saat ujian akhir dinyatakan tidak lulus. Kun kemudian mengulang pendidikan sekolah menengah lanjutannya pada SMA 3 Jakarta. Di sana ia belajar secara normal. Ketika EBTA 1982, ia lulus dengan nilai rata-rata 7.

Di usia 13 tahun, Kun Wardana berhasil masuk Universitas Trisakti. Ia menempuh pendidikan S1 jurusan teknik elektro Universitas Trisakti selama kurang lebih 5 tahun. Ia berhasil lulus menjadi sarjana pada usia 18 tahun 7 bulan dan dinobatkan sebagai yang termuda saat itu.

Lalu, ia melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Indonesia dan lulus pada 1992. Selanjutnya, ia menempuh pendidikan untuk gelar doktor di Institut Teknologi Bandung dan lulus pada 1995.

Saat ini, seperti dikutip dari situs PDDikti.com, Kun Wardana tercatat sebagai dosen tetap di Institut Sains dan Teknologi Nasional. Ia tercatat mengajar program studi teknik elektro sejak 2002 hingga 2023.

Dalam karir politiknya, Kun Wardana sempat tercatat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) pada 2010-2015. Selanjutnya dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, Kun bertarung lewat Partai Amanat Nasional (PAN) namun tidak lolos.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Anggara Pernando
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper