Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dasco Bantah KIM Plus Bikin Skenario Dharma Pongrekun Calon Independen Pilkada Jakarta 2024

Sufmi Dasco Ahmad membantah KIM Plus yang menyiapkan skenario majunya Dharma Pongrekun sebagai calon independen di Pilkada Jakarta.
Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (19/8/2024). JIBI/Akbar Evandio
Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (19/8/2024). JIBI/Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membantah bahwa Koalisi Indonesia Maju (Kim) Plus merupakan aktor intelektual dibalik skenario adanya calon independen Dharma Pongrekun di Pilkada Jakarta 2024 

Dia mengatakan bahwa koalisi tersebut pun belum lama terbentuk sehingga dari jejak waktu pun tak sesuai dengan pencalonan dari pasangan Dharma Pongrekun dan Kun Wardana.

"Kalau skenario kan ini KIM Plus belum lama terbentuk sementara itu calon independen daftarnya sudah lama. Kan begitu,” ujarnya kepada wartawan di gedung DPR, Senin (19/8/2024) malam. 

Dia menjelaskan bahwa Dharma-Kun telah mendaftar sebagai calon independen sejak lama yang kemudian menjelaskan bahwa majunya mereka merupakan bentuk demokrasi yang sehat.

“Kami juga sebenarnya tidak heran karena di DKI ini bukan baru pertama kali calon independen bisa maju. Kalau dilihat dari sejarah pilkada DKI itu, salah satu kader kami pernah maju juga dan lolos bertarung sebagai calon independen,” pungkas Dasco.

Sekadar informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menetapkan pasangan independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana telah memenuhi syarat dukungan di Pilkada 2024. KPU ngotot meloloskan Dharma-Kun, meskipun banyak warga yang melaporan pencatutan NIK KTP untuk mendukung Dharma-Kun. 

Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata menyatakan bahwa Dharma-Kun telah dinyatakan lolos dalam pemenuhan syarat pendaftaran sebagai calon independen di Pilgub DKI Jakarta.

"Maka dipastikan hari ini tadi pukul 23:25, kami mengeluarkan surat keputusan KPU Provinsi DKI Jakarta tentang pemenuhan syarat dukungan pasangan calon Dharma Pongrekun dan Kun Wardana," ujarnya di KPUD Jakarta, Selasa (20/8/2024) dini hari.

Dia menyampaikan juga sebelum menetapkan pemenuhan syarat Dharma-Kun pihaknya telah menyelesaikan polemik yang ada terkait pencatutan dukungan warga DKI Jakarta.

Di samping itu, Dharma menegaskan bahwa pihaknya tidak terlibat langsung dengan pengumpulan dukungan terhadap pihaknya untuk mendaftar di Pilgub DKI Jakarta.

"Sedikit saya mau jelaskan, bahwa pengumpulan data dilakukan independen, jadi kamu tidak terjun langsung, sesekali mungkin ketika ceramah tapi secara keseluruhan kami tidak terjun langsung. Kami syukuri dinyatakan lolos kami sangat bersyukur," ujarnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper