Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dana KJP Dipakai Karaoke? Ini Keterangan Dirut Bank DKI

Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menemukan dana Kartu Jakarta Pintar (KJP) digunakan untuk karaoke dan keperluan lain diluar pendidikan.
ilustrasi karaoke./Antara
ilustrasi karaoke./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menemukan dana Kartu Jakarta Pintar (KJP) digunakan untuk karaoke dan keperluan lain diluar pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan penyalahgunaan itu diketahui dari aktifitas transaksi non tunai yang dilakukan dengan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Padahal, sekarang ini telah dibuat kebijakan untuk dilakukan pembatasan dana KJP melalui Bank DKI mulai tahun ini.

"Hal yang terjadi, informasi dari Bank DKI telah terjadi penyalanggunaan kartu, yakni dipergunakan untuk melakukan belanja non pendidikan," kata Arie, di Balaikota DKI Jakarta, Senin (3/8/2015).

Menurutnya dari data Bank DKI tersebut terlihat jumlah transaksi dan nilai rupiah yang digunakan dibeberapa toko yang tidak menjual keperluan pendidikan, seperti tempat karaoke, toko mas, retoran, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), dan toko elektronik. Bahkan, nilainya cukup fantastis yakni mencapai Rp700.000.

"Dengan adanya fakta-fakta ini kembali memperkuat kebijakan untuk membatasi penarikan tunai terus dilakukan. Kami akan terus sosialisasi," tuturnya.

Direktur Utama Bank DKI Kresno Sediarsi mengatakanbahwa dirinya telah menjalankan instruksi gubernur untuk membatasi penggunaan dana KJP.

Namun ketika diperbolehkan untuk digunakan di semua toko yang memiliki Electronic Data Capture (EDC) maka pembatasan sulit dilakukan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper